TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau mulai melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan qurban di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Kabupaten Sanggau, Ambius Anton mengatakan bahwa pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan qurban di laksanakan di Kecamatan Kapuas dan Kecamatan Tayan Hulu.

“Kecamatan Kapuas sebanyak 199 ekor sapi dan 27 ekor kambing kemudian di Kecamatan Tayan Hulu sebanyak 16 ekor Sapi. Jadi totalnya sebanyak 242 ekor hewan qurban, jadi ini data sementara yang sudah kita lakukan pemantauan,” katanya, Selasa 28 Mei 2024.

Momen dan Waktu Terbaik Menyembelih Hewan Kurban di Bulan Dzulhijjah 1445 Hijriah 

Pihaknya lanjut Anton, akan melakukan pemeriksaan dan pemantauan hewan qurban secara masif di seluruh kecamatan.

“Hal itu dilakukan untuk memastikan hewan qurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha betul-betul aman dari penyakit dan layak dikonsumsi masyarakat,” ujarnya.

Anton juga menegaskan, hewan qurban yang telah dipantau dan periksa semuanya dinyatakan layak dan secara klinis dipastikan sehat. Biasanya H-7 Idul Adha diberi label untuk hewan ternak yang sehat tadi.

“Pemeriksaan kita lakukan dengan ketat, karena ini berkaitan dengan syariah. Jadi kita harus benar-benar dari segi teknisnya, umur, kelayakan dan kesehatan hewannya,” tegasnya. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini




Share.
Exit mobile version