TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – PJ Bupati Sanggau Suherman meninjau sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir beberapa wilayah di Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis 23 Mei 2024.

PJ Bupati Sanggau Suherman mengatakan bahwa terkait jumlah warga yang terdampak, Pemda masih melakukan pendataan baik dari Kecamatan, BPBD Sanggau, kepolisian dan TNI.

“Untuk data per jiwa masih dilakukan pendataan dan bantuan sudah pemerintah salurkan. Saya menyerahkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Suherman.

Suherman mengatakan dari beberapa daerah di Kecamatan yang sebelumnya terdampak banjir, sudah ada yang berangsur surut.

“Empat dari tujuh kecamatan sudah surut airnya, sisa tiga kecamatan kondisi air masih cukup tinggi dan merendam rumah warga. Dari Pemkab Sanggau akan cepat tangani,” ujarnya.

Baca juga: DAD Murung Raya Kalteng Kunker ke DAD Sanggau, Ini Agendanya

Untuk langkah selanjutnya yaitu, Suherman meminta BPBD Sanggau untuk menempatkan perahu kebencanaan untuk antisipasi banjir susulan. Kemudian, jika dibutuhkan dapur umum maka dapat segera dibangun.

“Selain itu, bagi masyarakat yang membutuhkan tempat mengungsi dapat langsung berkoordinasi dengan Camat setempat untuk penyediaan tempat tersebut. Baik di kantor camat maupun desa dan saya minta tim TRC BPBD kabupaten Sanggau untuk segera mendirikan posko,”ujarnya.

Selain meninjau lokasi banjir di desa Sosok dan Desa Menyabo Kecamatan Tayan hulu, Pj Bupati Sanggau bersama Forkompincam Tayan Hulu atau yang mewakili secara simbolis memberikan bantuan berupa beras, mie instan dan makanan siap saji kepada warga yang terdampak banjir.

Sementara itu Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sanggau Konstantinus Tinus mengatakan bahwa sesuai arahan PJ Bupati Sanggau, dalam waktu dekat akan mendirikan posko bencana.

“Besok atau lusa, kami dari BPBD Kabupaten Sanggau akan mendirikan posko bencana sesuai arahan pak Bupati,”Katanya.

Oleh karenanya, ia berharap kepada masyarakat kabupaten Sanggau untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca seperti ini. “Kepada warga yang berada di bantaran sungai, jika melihat air sungai sudah meluap cepat mengungsi ke warga lainnya yang berada di dataran tinggi,”pungkasnya. (*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version