Peduli Lingkungan, DLH Sanggau lakukan pembersihan Sungai Liku – Dinas Lingkungan Hidup

Peduli Lingkungan, DLH Sanggau lakukan pembersihan Sungai Liku – Dinas Lingkungan Hidup


Masalah sampah menjadi suatu hal yang terus diperhatikan masyarakat umum. Kesadaran warga untuk tidak membuang sampah, terus diupayakan lewat berbagai cara, seperti imbauan langsung dan poster. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau melakukan upaya-upaya agar masyarakat dapat melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar.

Seperti pada hari ini Sabtu (11/02/23) Dinas Lingkungann Hidup Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan pembersihan sampah di sekitar sungai liku. Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 H. Supardi Z, S.AP.,M.Si. kegiatan ini melibatkan beberapa personal Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 dan menerjukan 1 unit speedboat dan 1 dump truk.

Hendarko Emilius salah satu petugas kebersihan yang mengikuti kegiatan ini mengatakan” kegiatan ini dilakukan agar sungai liku dan sekitarnya tetap bersih dan lingkungan menjadi sehat”ungkap Hendarko. Beberapa kebiasaan membuang sampah di sungai dapat menimbulkan beberapa dampak negatif yang diantaranya pencemaran udara dimana sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau tak sedap, menimbulkan penyakit dimana sampah yang menumpuk dan tercampur dengan air akan dihinggapi lalat dan menjadi sarang nyamuk yang bisa menyebabkan masyarakat sekitar akan terserang diare, deman berdarah serta membuang sampah ke sungai akan terjadi pencemaran air” tambah Hendarko.

Sementara itu yohanes darmo menambahkan apa yang disampaikan hendarko emelius sampah yang dibuang di sungai akan menyebabkan air sungai tercemar, baik dari warna, bau dan rasa dan apabila ada masyarakat yang masih mandi di sungai akan menyebabkan gatal-gatal tutup Yohanes Darmo.