Bupati Kapuas Hulu minta polisi segera selidiki penyebab kebakaran BKPSDM

Bupati Kapuas Hulu minta polisi segera selidiki penyebab kebakaran BKPSDM


Kapuas Hulu (ANTARA) – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meminta agar pihak kepolisian segera menyelidiki penyebab kebakaran Gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas Hulu.

“Untuk sementara penyebab kebakaran arus pendek listrik, tetapi saya sudah koordinasi dengan Kapolres untuk segera menyelidiki penyebab kebakaran,” kata Fransiskus Diaan, saat meninjau lokasi kebakaran Gedung BKPSDM Kapuas Hulu, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Baca juga: 8.013 data pegawai Kapuas Hulu hangus terbakar termasuk SK CPNS

Baca juga: Kantor BKPSDM Kapuas Hulu terbakar

Fransiskus pun meminta agar masyarakat tidak mengeluarkan asumsi sendiri terkait penyebab kebakaran, agar tidak menimbulkan persoalan baru di tengah musibah kebakaran yang terjadi.

Disampaikan dia, Gedung BKPSDM Kapuas Hulu itu merupakan bangunan tua dengan bahan kayu, sehingga saat terjadi arus pendek listrik maka dengan cepat api membesar dan tidak mampu dikendalikan secara cepat.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meninjau lokasi bekas kebakaran Gedung BKPSDM Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (23/5/2022). (ANTARA/Teofilusianto Timotius)

Meski pun di samping Gedung BKPSDM Kapuas Hulu itu merupakan posko pemadam kebakaran dan seluruh mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan termasuk punya Pemkab Kapuas Hulu, Yayasan dan Bandara Pangsuma Putussibau.

“Gedung itu sudah tua dan bahan kayu jadi api cepat membesar,” ucapnya.

Baca juga: Para asisten diminta pantau dan evaluasi progres penyerapan anggaran

Dijelaskan Fransiskus, untuk beberapa hari kedepannya pelayanan pada BKPSDM Kapuas Hulu masih terkendala dan untuk sementara aktivitas perkantoran pegawai BKPSDM akan dipindahkan ke bekas Gedung Puskesmas Putussibau Selatan.

“Kerugian belum bisa ditafsir untuk sementara ini, tetapi yang jelas semua arsip pegawai, sejumlah kendaraan dinas dan gedung semua terbakar,” tuturnya.

Peristiwa kebakaran Gedung BKPSDM Kapuas Hulu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, Minggu (22/5/2022) kemarin. Tidak ada korban jiwa, namun gedung BKPSDM Kapuas Hulu yang berada di Jalan Danau Luar Putussibau di komplek Sekretariat Daerah Kapuas Hulu hangus terbakar.

Baca juga: Banyak formasi CPNS kesehatan kosong pelamar