Uskup Sanggau Berkati Gereja SP 1 Merbang

Uskup Sanggau Berkati Gereja SP 1 Merbang



Sekadau (ANTARA) – Uskup Sanggau Mgr. Yulius Menccucini, CP memberkati Gereja Salib Suci, SP 1 Merbang, Desa Merbang Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau. 

Ratusan tamu undangan dan masyarakat setempat berbaur di tempat acara dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan peresmian tersebut juga diisi dengan penerimaan sakramen krisma bagi umat setempat.

“Apabila dua atau tiga orang berkumpul atas nama Ku, aku hadir di antara mereka,” kata Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius Menccucini, CP saat akan menyerahkan kunci gereja tersebut kepada pemimpin umat SP 1 Merbang, Mikael Pangarara, di Desa Merbang, Belitang Hilir, Jumat.

Sebelum penyerahan kunci tersebut dilakukan upacara adat Dayak Mualang menyambut tamu. 

Sementara Bupati Sekadau, Aron melakukan pemotongan bambu (pancung buluh muda) dan kemudian bersama Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius Menccucini, Uskup Emiritus Mgr. Hieronimus Bumbum, Ofm. Cap serta para pastor juga rombongan berjalan ke teras gereja. 

Selanjutnya pengguntingan pita gereja oleh istri Bupati Sekadau yang diikuti pemberkatan luar gereja dan dilanjutkan dengan misa kudus serta penerimaan sakramen krisma oleh umat yang belum mengikuti sekitar 218 orang.

“Ada nasehat sedikit dari bapa uskup pada kesempatan ini. Karena belum ada putri daerah sini yang menjadi suster, maka pemimpin umat bawa umat disini berdoa supaya ada yang terpanggil. Karena, apabila diminta kepada Bapa ku, pasti akan dikabulkan dan hendaknya berdoa agar ada putra dan putri dari SP 1 Merbang ini yang terpanggil melayani Kristus,” kata Uskup Sanggau lagi. 

Kegiatan tersebut berakhir pukul 13.30 WIB dan dilanjutkan dengan rangkaian ramah tamah.