Lapak sementara PKL Pasar Beringin Singkawang sudah 90 persen

Kota Singkawang gandeng PT.RTL Revitalisasi Pasar Beringin



Pontianak (ANTARA) – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama Direktur PT. Rezeki Timur Laut (RTL) menandatangani perjanjian pemanfaatan tanah serta pemberian hak guna bangunan di atas tanah hak pengelolaan milik pemerintah untuk program Revitalisasi Pasar Beringin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT. Rezeki Timur Laut selaku investor yang berkenan membantu program revitalisasi Pasar Beringin yang berada di kawasan Pasar Hongkong,” kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Kamis.

Thjai Chui Mie menjelaskan, program revitalisasi Pasar Beringin ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Singkawang dengan menghadirkan infrastruktur pasar, dimana tampilan fisik serta kondisi pasar diperbaharui dan tertata dengan rapi.

Pemkot Singkawang, katanya, akan mensosialisasikan kembali tahapan revitalisasi Pasar Beringin kepada para pedagang.

“Kita harapkan apa yang kita lakukan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini bisa terlaksana dengan baik dengan adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat dan juga para stakeholder,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, nantinya revitalisasi Pasar Beringin ini juga akan berpengaruh pada perkembangan yang berpotensi pada peningkatan perekonomian masyarakat dan diharapkan Pasar Beringin yang baru ini bisa menjadi pusat wisata kuliner di Kota Singkawang.

Sedangkan para pedagang akan menempati pasar sementara yang telah ditetapkan selama proses revitalisasi pasar berlangsung.

Komisaris Utama PT. Rezeki Timur Laut, Sarkawi Lim mengatakan, bahwa pasar yang lekat dengan sejarah Kota Singkawang ini memiliki potensi besar.

“Namun, kondisinya yang kotor dan tidak tertata dengan baik justru menimbulkan keprihatinan yang mendasari para investor untuk berinvestasi membangun pasar ini menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja,” katanya.

Beberapa waktu lalu, pihaknya sempat melakukan survei untuk melihat kondisi Pasar Beringin. “Kami menemukan bahwa kondisi pasar saat itu sudah tidak tertata dengan baik dan bau membuat kami prihatin,” katanya.

Maka dari itu, dirinya berharap melalui program revitalisasi ini kondisi Pasar Beringin menjadi lebih baik. Sehingga dapat menjadi salah satu spot di Kota Singkawang yang memiliki daya tarik wisata dan menjadi ikon kebanggaan bagi masyarakat Kota Singkawang.

“Jadi masyarakat yang datang ke lokasi tersebut bisa berbelanja sambil bersantai dan menikmati kondisi pasar yang baru, bersih dan tertata dengan baik,” kata Sarkawi Lim.