Pemkab Kapuas Hulu fokus dalam peningkatan ekonomi infrastruktur dasar

Pemkab Kapuas Hulu fokus dalam peningkatan ekonomi infrastruktur dasar



Kapuas Hulu (ANTARA) – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2023 lebih fokus pada peningkatan ekonomi dan pembangunan infrastruktur dasar masyarakat.

“Pemkab Kapuas Hulu komitmen meningkatkan kinerja dan RKPD 2023 lebih fokus untuk peningkatan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur dasar,” kata Fransiskus Diaan, saat membuka Musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Kapuas Hulu di Putussibau, Jumat.

Disampaikan Fransiskus, dalam pembahasan musrembang telah menyerap aspirasi masyarakat mulai di tingkat desa, kecamatan hingga ke kabupaten.

Menurut dia, hasil dari Musrembang tersebut tertuang dalam RKPD Tahun 2023.

“Musrembang menyerap aspirasi masyarakat secara berjenjang dan tertuang dalam RKPD, hingga dilakukan juga konsultasi publik,” jelasnya.

Menurut dia, ada beberapa poin skala prioritas pembangunan dalam meningkatkan ekonomi dan infrastruktur dasar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan meminta agar pembangunan di daerah selaras dengan program pembangunan pemerintah pusat dan provinsi.

“Musrembang itu tidak lepas dari program pusat, provinsi dan daerah. Jadi itu harus selaras,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Norsan menekankan beberapa pencapaian kinerja seperti penurunan angka kemiskinan, pengangguran, vaksinasi, stunting hingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Bahkan, Norsan juga menyingung pelaksanaan vaksinasi di Kapuas Hulu, dimana saat ini vaksinasi dosis pertama di Kapuas Hulu sudah cukup baik, dengan angka 86,69 persen, dosis kedua 51,01 persen dan vaksinasi dosis tiga baru 2,74 persen.

“Vaksin jangan sampai kurang, jika seminggu sudah mau habis segera hubungi provinsi akan dikirimkan,” ujarnya.