[HOAKS] Berita Kompas “Kapolda Jateng: Kami menahan 64 orang aksi radikalis anarkis warga Wadas purworejo, yang ganggu proyek PT. Beijing Xi Wen” – 22/02/2022

Penjelasan :

Beredar sebuah hasil tangkapan layar yang mencatut artikel berita Kompas dengan judul “Kapolda Jateng: Kami menahan 64 orang aksi radikalis anarkis warga Wadas purworejo, yang ganggu proyek PT. Beijing Xi Wen”. Dalam hasil tangkapan layar tersebut terdapat foto yang menampilkan empat orang berseragam polisi, dengan satu orang berbaju putih sedang berdiri di depan sebuah mic.

 

Faktanya, hasil tangkapan layar artikel berita  yang mencatut Kompas tersebut adalah hasil suntingan. Dikutip dari kompas.com, dengan menelusuri kata kunci yang sama dengan judul, tidak ditemukan artikel dengan judul  tersebut. Namun, ditemukan pemberitaan dengan foto serupa pada situs satujuang.com yang diunggah pada 18 Januari 2022. Pada keterangan foto tertera, Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luth?, S.H., S.St., M.K. saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Mapolda Jateng. Dari sudut pengambilan foto yang  berbeda, keterangan pers dari Kapolda Jateng ini juga diberitakan oleh kompas.com pada 18 Januari 2022 dengan judul “Kapolda Jateng Copot Kasatreskim Polres Boyolali Buntut Lecehkan Korban Pemerkosaan”.

 

Link Counter: