Kotaku Singkawang percepat pengentasan lingkungan kumuh

Kotaku Singkawang percepat pengentasan lingkungan kumuh



Pontianak (ANTARA) – Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Tjhai Chui Mie mengharapkan program Kotaku dapat mempercepat capaian pembangunan dan pengentasan daerah kumuh di daerah itu.

“Seperti yang kita ketahui, Kotaku merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kawasan permukiman kumuh, sebagaimana yang ditargetkan dalam RPJMN 2020-2024, untuk mendukung terwujudnya permukiman layak huni dan berkelanjutan,” katanya di Singkawang, Minggu.

Menurutnya, kegiatan penanganan kumuh ini meliputi pembangunan infrastruktur serta pendampingan sosial dan ekonomi untuk keberlanjutan penghidupan masyarakat yang lebih baik di lokasi permukiman kumuh.

Dia menuturkan, Pemerintah Kota Singkawang sangat menyambut baik adanya program Kotaku masuk ke Kota Singkawang sekaligus juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR melalui program Kotaku dapat mewujudkan kolaborasi penanganan permukiman kumuh dari berbagai pemangku kepentingan (stakeholder).

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pendamping program Kotaku di Kota Singkawang, KSM dan LKM Pangmilang Mandiri yang sudah bekerja keras dalam menindaklanjuti keberlanjutan dari kegiatan bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) Livelihood-PPMK program Kotaku Tahun 2021 di Kelurahan Pangmilang,” katanya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Tjhai Chui Mie kepada pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Barat yang telah mengalokasikan dana untuk program Kotaku di Kelurahan Pangmilang.

“Yang mana kegiatan yang dibangun sangat bermanfaat bagi para petani dalam meningkatkan jalur produksi dan pemasaran hasil pertanian. Sehingga dapat meningkatkan penghidupan masyarakat petani,” katanya.

Diketahui, Pemkot Singkawang telah meresmikan Jalan Beton Kawasan Sentra Hortikultura pada kegiatan Livelihood-PPMK Program Kotaku di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan belum lama ini.

Menurut Tjhai Chui Mie, kegiatan yang dilaksanakan itu sudah sejalan dengan visi-misi Kota Singkawang, yakni Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Yang Handal, Kreatif Dan Mandiri sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia berharap, kelompok LKM serta warga masyarakat yang mendapatkan jalan pertanian ini untuk dapat memanfaatkannya secara optimal dan dapat merawat serta memelihara jalan yang sudah terbangun dengan sebaik-baiknya.

“Kepada Camat dan Lurah lakukanlah pembinaan dan pendampingan kepada warga masyarakat agar pekerjaan yang sudah dibangun dapat dikembangkan dan bermanfaat serta berkelanjutan agar masyarakat menerima manfaat dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi pertanian,” harapnya.

Selain itu pekerjaan yang dibangun itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat serta mendorong Kelurahan Pangmilang sebagai kawasan sentra pertanian khususnya kawasan sentra hortikultura.

“Untuk kepala OPD diharapkan dapat melakukan pembinaan dan melakukan peningkatan pertanian dengan peningkatan benih yang berkualitas sehingga hasil pertanian yang didapatkan mempunyai daya saing di pasaran,” katanya.