TNI Perbatasan bantu nelayan manfaatkan limbah tulang sotong

TNI Perbatasan bantu nelayan manfaatkan limbah tulang sotong



Pontianak (ANTARA) – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti membantu nelayan dalam memanfaatkan limbah tulang ikan sotong di Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

“Tulang sotong diketahui mengandung 85 persen kalsium karbonat (CaCO3) yang merupakan komponen utama HA, dan selama ini hanya digunakan sebagai pakan burung karena kandungan kalsiumnya dan bahan bubuk kosmetik, namun sekarang sudah digunakan sebagai material pengisi cedera tulang bagi manusia,” kata Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns Letkol (Inf) Hendro Wicaksono di Sambas, Senin.

Dia mengatakan, dengan kegiatan seperti itu, personel Satgas Pamtas ikut serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Diwakili tiga orang personel dari Pos Temajuk yang dipimpin Serda Rangga, kami membantu Budang (42) salah seorang warga Dusun Camar Bulan dalam memanfaatkan limbah tulang sotong,” katanya.

Menurut dia, tentunya dengan banyak manfaat dari tulang sotong sehingga permintaan baik dari dalam maupun luar negeri juga meningkat sehingga perekonomian masyarakat Desa Temajuk juga meningkat.

“Di masa pandemi COVID-19 ini kami selalu memberi motivasi kepada masyarakat untuk tetap semangat dalam berusaha sehingga bisa menunjang perekonomian keluarga,” ujar Dansatgas.

Sementara itu, Danpos Temajuk Letda (Inf) Baso Djufri mengatakan kegiatan membantu salah satu warga di wilayah binaan adalah upaya untuk memotivasi agar warga selalu bersemangat dan berusaha untuk meningkatkan perekonomian yang semakin berat saat pandemi COVID-19 ini.

“Kami berharap dengan bantuan tenaga dan motivasi yang kami berikan dapat menambah semangat bagi warga untuk menunjang perekonomian keluarga di masa pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.

Sementara itu, Budang mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan partisipasi Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dalam membantu usaha limbah tulang sotong miliknya.

“Selama ini Satgas Pamtas selalu membantu segala usaha yang dimiliki masyarakat dan memotivasi kami untuk terus bersemangat, terima kasih Satgas Pamtas semoga selalu diberikan kelancaran dan keberhasilan dalam bertugas,” kata Budang.