Safari Natal Berdonor, PMI Sanggau Targetkan 150 Kantong

Safari Natal Berdonor, PMI Sanggau Targetkan 150 Kantong



SANGGAU – Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau, Urbanus SSos menyampaikan, Safari natal berdonor merupakan agenda rutin tahunan PMI Sanggau yang sudah berjalan tiga tahun terakhir.

“Ini semenjak kepengurusan Ibu Yohana Kusbariah sebagai ketua PMI Sanggau. Selain itu agenda tahunan kita juga laksanakan safari ramadan berdonor yang telah kita lakukan pada saat waktu menyambut hari raya lebaran, ” katanya, Senin (9/12/2019).

Urbanus menegaskan, target safari natal berdonor adalah 150 kantong darah pada bulan Desember 2019, untuk mengantisipasi libur natal, masa cuti perusahaan, pemerintahan, dan libur anak sekolah.

“Safari natal berdonor sangatlah penting untuk persiapan bagi pasien di rumah sakit jika membutuhkan darah karena antisipasi libur panjang. Untuk itulah, ketersediaan stok darah harus kita lakukan ujar, ”tuturnya.

Untuk itu, Urbanus mengimbau kepada masyarakat dalam menghadapi libur natal dan tahun baru agar menjaga pola makan, jangan lupa olahraga supaya tetap sehat.

PMI Sanggau Gelar Donor Darah di SMKN 1 Mukok

“Kita juga menyarakan juga bagi masyarakat yang sudah waktunya donor dipersilahkan untuk donor ke UDD PMI Sanggau, karena hari libur pun PMI buka selama 24 jam. Dengan donor darah rutin kita bisa sehat dan pasien yang membutuhkan darah bisa selamat. Semoga bagi mereka yang menyumbang darahnya diberkati tuhan, ”ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan bingkisan sembako bagi pendonor pada saat safari Natal berdonor.

Ada pun jadwal sementara safari natal berdonor tahun 2019 ini, Gereja Hati Kudus Yesus Batang Tarang, Gereja Bethel Indonesia Bodok, SMA Karya Kasih Parindu, Gereja Kristus Raja Sosok, Gepembri Tayan Hilir, GPIB Marantha Kantu, Pemuda Katolik, RS Sentra Medika, SMA N 2 Sanggau, SMAN 3 Sanggau dan PLTU Sanggau. 

Ansor Sanggau Apresiasi

Anggota Dewan Penasehat GP Ansor Kabupaten Sanggau, Abang Indra mengapresiasi dengan langkah dari PMI Sanggau yang menggelar safari natal berdonor. Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah.

“Ini langkah yang sangat baik untuk antisipasi kekurangan darah di UDD PMI Sanggau. Kita tahu bahwa kebutuhan darah di PMI Sanggau cukup tinggi, dengan cara seperti ini menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan darah,” kata Abang Indra, Senin (9/12/2019).

Untuk itu, Indra berharap agar masyarakat juga mau mendonorkan darahnya untuk kepentingan sesama. 

Karena setetes darah anda bisa menyelamatkan nyawa manusia.

“Betapa pentingnya untuk berbagi dengan sesama, stok darah ini sangat urgen. Harapan kita agar jangan sampai ada kekosongan stok darah di UDD PMI Sanggau, dan ini peran kita semua untuk saling mengingatkan untuk mau mendonorkan darahnya, ” pungkas Abang Indra.