SANGGAU – RSUD M. Th. Djaman Sanggau memberikan penyuluhan kepada tenaga Cleaning Service dan POS rumah sakit, dilaksanakan pada hari kamis (19/09/2024) pukul 09.30 WIB, bertempat di Aula RSUD M. Th. Djaman Sanggau. Kegiatan penyuluhan pada Cleaning Service dan POS diberikan oleh Komite Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) dan Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Pada sesi pertama, membahas tentang K3RS dengan pemateri oleh Kepala Seksi Penunjang Non Medik selaku Ketua Komite K3RS, S. Winarti, SKM. Dalam sesi ini para peserta diberikan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam berkerja di lingkungan rumah sakit, setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan praktek penggunaan APAR yang dilaksanakan di halaman RSUD M. Th. Djaman Sanggau.

Pada sesi kedua, membahas tentang pencegahan dan pengendalian infeksi yang diberikan oleh Sekretaris Komite PPI, Riyan Restu Rinaldi, A. Md. Kep. Pada sesi ini dijelaskan tentang kebersihan tangan dan pembersihan lingkungan di rumah sakit guna mencegah dan mendendalikan resiko infeksi, kegiatan dilanjutkan dengan praktik cuci tangan yang baik dan benar serta momen-momen penting mencuci tangan.

Sesi keempat, oleh Tim PPI, Siti Fatimah, A. Md. Kep, menyampaikan pengetahuan tentang penting penggunaan alat pelindung diri (APD) yang baik dan benar guna menekan resiko terinfeksi saat berada di lingkungan rumah sakit.

Selanjutnya pada sesi keempat, Tim Komite PPI, dr. Agung Prasetyo menyampaikan materi tentang pengelolahan limbah dan pencegahan tertusuk benda tajam, penyampaian cara menggunakan spill kit disertai dengan praktik langsung oleh peserta.

pada sesi terakhir, Kepala Sub Bagian Hukum, Humas, dan Promosi, Nanik Widihastuti, SKM, menyampaikan materi tentang etik dan perilaku (code of conduct) di lingkungan rumah sakit.


Share.
Exit mobile version