TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Sebanyak dua unit rumah terdampak longsor di Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Senin 12 Agustus 2024.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau melalui koordinator Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBd Kabupaten Sanggau, Tri Dibyo mengatakan bahwa warga yang terdampak tanah longsor untuk sementara menginap di rumah warga terdekat.

“Rumah warga tersebut berada di tepi jurang, sehingga menyebabkan tanah terkikis oleh air hujan dan mengakibatkan longsor di sekitar rumah tersebut,” katanya, Senin 12 Agustus 2024.

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada warga masyarakat agar senantiasa waspada dan siaga serta dapat menginformasikan kepada petugas apabila situasi dan kondisi berubah, guna menghindari jatuhnya korban.

BREAKING NEWS – Nelayan Jatuh ke Laut dan Hilang di Perairan Teluk Pakedai Akibat Cuaca Buruk

Sebelumnya diberitakan, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau melalui koordinator Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBd Kabupaten Sanggau, Tri Dibyo mengatakan bahwa berdasarkan prakiraan dari BMKG pada Agustus ini seharusnya sudah masuk di musim kemarau.

“Namun kemarau tahun ini didominasi kemarau basah, dimana hujan masih ada. Untuk itu tetap waspada terutama kepada masyarakat yang berada di daerah rentan longsor dan banjir,” katanya, Minggu 11 Agustus 2024.

Lanjutnya, mengingat beberapa hari kedepan berdasarkan prakiraan dari BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau.

Kondisi dua unit rumah yang terdampak longsor di Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Senin 12 Agustus 2024. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FILE)

“Kami berharap kepada masyarakat agar tetap peka terhadap perubahan iklim dan cuaca, waspadai tanda-tanda alam apalagi masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan dan di pesisir sungai,” pungkasnya. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini




Share.
Exit mobile version