TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sanggau melaksanakan pelatihan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bagi anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) di kompleks stadion Pancasila Sanggau Permai, Kelurahan Sei Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu 31 Juli 2024.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sanggau Awaludin Noor mengatakan bahwa pelatihan ini diikuti 26 anggota TRC BPBD Sanggau.

Materi pelatihan anggota TRC meliputi melatih mental, fisik dan kedisiplinan, serta tata cara menggunakan alat pemadam.

“Dimana para peserta di berikan pelatihan agar selalu siap siaga disaat terjadi bencana, terutama persiapan penanganan Karhutla,” katanya.

Pj Bupati Sanggau Buka Operasi Pasar di Kecamatan Kembayan, Siapkan 2.500 Paket Sembako

Anggota TRC lanjutnya, harus selalu siap siaga 24 jam. Baik mental maupun fisik harus kuat, terutama kedisiplinan, jadi anggota TRC harus disiplin dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Saat ini kita telah memasuki musim kemarau. Berdasarkan evaluasi tahun sebelumnya, pada musim kemarau selalu muncul titik api (hotspot). Oleh karenanya kami dari BPBD Sanggau sejak dini mempersiapkan personil dan sarana maupun prasarana untuk siap siaga jika terjadi Karhutla,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, ia menyampaikan bahwa ada beberapa Kecamatan di Kabupaten Sanggau yang masuk rawan bencana Karhutla. Diantaranya adalah Kecamatan Bonti, Meliau, Noyan, Sekayam, dan Entikong. Sebagai langkah antisipasinya, BPBD telah melakukan sosialisasi mencegah karhutla kepada masyarakat. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini




Share.
Exit mobile version