TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau, Kubin mengimbau kepada para petani di Kabupaten Sanggau untuk mewaspadai ancaman musim kering. 

Pihaknya juga sudah mengambil langkah sebagai antisipasi dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan petani dengan strategi jadwal tanam. 

“Memasuki musim kemarau saat ini, kami sudah mengambil langkah antisipasi, khususnya pada Agustus dan September 2024. Strategi kami dengan sosialisasi kepada masyarakat dan para petani,”katanya, Selasa 16 Juli 2024.

Kubin mengatakan, Pemerintah pusat melalui pemerintah daerah juga sudah melaksanakan penyuluhan di tingkat petani tentang kecukupan air pada lahan pertanian. 

DPRD Landak Sampaikan Jawaban Terhadap Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani

Penyuluhan ini dilakukan sebagai upaya pemerintah agar petani dapat memahami alat kompanisasi pemenuhan kecukupan air pada pertanian dan bibit padi. Walaupun statusnya kemarau namun tetap ada curah hujan yang minim.

“Sehingga pemerintah pusat mengadakan penyuluhan tentang kecukupan air pada lahan pertanian, seperti para petani di kenalkan alat-alat kompanisasi kecukupan air dan bibit padi yang mampu di cuaca kering dan hujan,”tuturnya.

Oleh karenanya, Kubin mengimbau kepada para petani agar bijak menggunakan air untuk mengairi sawahnya. Jadi manfaatkan air sebaik mungkin.

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak DI SINI




Share.
Exit mobile version