TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Penjabat Bupati Sanggau Suherman menutup turnamen Gawai CUP I Desa Embala di Lapangan Jaya Muda Embala Desa Embala Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Minggu 23 Juni 2024.

Pj Bupati Sanggau, Suherman merasa bangga bisa hadir dalam pelaksanaan gawai ini, karena gawai merupakan salah satu peninggalan nenek moyang yang harus tetap terus dilestarikan.

“Saya merasa bangga, karena hari ini saya bisa hadir di pesta panen padi ataupun lebih dikenal dengan sebutan gawai. Gawai ini adalah ciri khas suatu suku dayak yang tidak ada di tempat lain, ciri khas lain yang juga identik dengan gawai adalah tuak, tetapi di sini tujuannya bukan untuk mabuk-mabukan, tetapi itu merupakan salah satu peninggalan nenek moyang kita yang harus dilestarikan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tetap menghargai adat budayanya,” katanya.

Suherman mengapresiasi kepada panitia penyelenggara, banyak hal positif yang bisa diambil dalam pelaksanaan gawai, salah satunya ada turnamen seperti sepak bola dan bola voli yang diikuti berbagai desa dan kecamatan untuk memperkuat tali silaturahmi.

Hadapi Musim Panas, BPBD Kabupaten Sanggau Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaannya

“Gawai dilakukan tidak hanya sekedar seremonial saja, hari ini kita buktikan dengan berbagai pertandingan yang diselenggarakan, yang mana terdapat dari berbagai daerah kecamatan maupun desa yang hadir untuk meramaikan. Sehingga melalui turnamen ini kita tetap bisa menjalin silaturahmi antar desa maupun kecamatan, dan itu saya berikan apresiasi kepada panitia,” ujarnya.

Suherman berpesan kepada seluruh masyarakat Sanggau, khususnya Desa Embala untuk menggunakan hak pilih nya dalam pemilihan Gubernur Kalbar dan Bupati Sanggau dengan tertib dan aman pada November mendatang.

“Saya mengajak kita semua pada tanggal 27 November 2024 nanti kita akan memilih Gubernur, Wakil Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati, Wakil Bupati Kabupaten Sanggau, untuk itu mari kita gunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin Provinsi Kalimantan Barat dan Pemimpin Kabupaten Sanggau,” jelasnya.

“Bulan Februari kemarin kita melaksanakan pemilu dengan aman dan tertib, tentunya itu juga yang kita harapkan pada pemilihan Gubernur dan Bupati nanti berikutnya,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga, Suherman berpesan kepada anak muda Desa Embala untuk tidak terjerumus ke dalam Narkoba.

“Berikutnya saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau untuk memerangi narkotika, khususnya untuk anak muda, jangan merasa bangga menggunakan narkotika, karena itu bisa merusak diri kalian sendiri dan masa depan kalian,” ujarnya.

Berikut daftar pemenang Gawai CUP I Embala Kecamatan Parindu:
Voli Putri, Sky MAJESTY, Smvc, Spen7u. Voli Putra, Ilir Kota, Ramp Bupokat, Angsa Putih, Rajawali
Sepak Bola Putri, Pdr fc, Garda gril fc, Ocs fc, Empodis fc. Sepak Bola Putra, Pogat FC, Mundun FC
RB x baster, Persib FC. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini




Share.
Exit mobile version