TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Ketua Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Sanggau Anisa Fitri beserta tim dari Yayasan Guru Belajar (YGB) dan KGBN Sanggau audiensi bersama Pj Bupati Sanggau Suherman di ruang kerjanya, Kamis 23 Mei 2024. 

“Saya selaku Pj Bupati Sanggau sangat mendukung dan mensupport kegiatan yang sangat bermanfaat ini, apalagi ini sudah yang kelima kalinya berlangsung di Sanggau. Semoga para guru bersemangat mengikutinya, jika ada yang perlu pemerintah bantu, silahkan koordinasikan saja,” kata Suherman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sanggau, Alipius merasa senang lantaran kegiatan ini dapat terlaksana kembali di Kabupaten Sanggau.

“Kami akan membantu kebutuhan dari panitia terkait surat dukungan dan imbauan kepada guru untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga dari tiap kecamatan dapat mengirimkan tim untuk mengikuti cerdas cermat guru. Kami juga berharap para petinggi Yayasan Guru Belajar dapat hadir langsung pada kegiatan TPN XI di Sanggau,” harapnya.

Pj Bupati Sanggau Suherman Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Tayan Hulu Sanggau

Temu Pendidik Nusantara (TPN) XI mengangkat tema “Pemimpin Pendidikan Yang Berdaya”.

Acara ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu dan Minggu tanggal 13 sampai 14 Juli 2024 di Aula Kantor DPRD Kabupaten Sanggau dan SMK Negeri 1 Sanggau. Pelaksanaan TPN XI ini merupakan hasil kolaborasi antara YGB dengan KGBN Sanggau.

Anisa Fitri mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan pendidik dari berbagai jenjang di Kabupaten Sanggau dan kabupaten sekitarnya, seperti Pontianak, Landak, dan Singkawang.

“Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain talkshow pendidikan, cerdas cermat guru (CCG), kelas pendidikan, kelas penggerak, pasar solusi belajar, dan pameran karya. Talkshow pendidikan akan menghadirkan pembicara dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Komisi IV DPRD Kabupaten Sanggau, perwakilan Yayasan Guru Belajar, dan donatur,” katanya.

Menurut Anisa, diskusi ini akan membahas tantangan dan peluang dalam dunia pendidikan serta strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

Cerdas Cermat Guru akan menjadi salah satu kegiatan utama, di mana para guru akan berkompetisi untuk mengukur level kompetensi mereka. 

Kompetisi ini tidak hanya menguji pengetahuan, tetapi juga kecepatan dan ketepatan dalam menjawab berbagai pertanyaan seputar kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

TMMD Jadi Pelita Harapan Perbaikan Infrastruktur di Desa Sungai Ilai Sanggau Kalimantan Barat

Selain itu, Kelas Pendidikan akan memberikan kesempatan bagi para guru untuk berbagi praktek baik pembelajaran di kelas. Sementara itu, Kelas Penggerak akan diisi dengan sesi berbagi dari para penggerak pendidikan yang aktif di komunitas belajar sekolah, komunitas kerja guru, dan komunitas pendidikan lainnya.

Pasar solusi belajar juga menjadi daya tarik tersendiri, di mana pendidik dapat menawarkan barang dan jasa yang dapat menjadi solusi bagi masalah pendidikan.

Di sisi lain, pameran karya akan menampilkan hasil karya murid-murid yang kreatif dan inovatif, menunjukkan betapa besar potensi yang dimiliki oleh siswa-siswa di daerah ini.

Oleh karenanya, ia berharap teman-teman pendidik di Kabupaten Sanggau memanfaatkan momentum ini sebagai pergerakan merdeka belajar di Sanggau

“Mari teman-teman pendidik segera daftar. TPN XI di Sanggau ini diharapkan mampu menginspirasi dan memperkuat jaringan antar pendidik, sehingga dapat bersama-sama mewujudkan pendidikan yang lebih baik dan berdaya saing tinggi,” pungkasnya.

(*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version