Bupati Sanggau, Paolus Hadi Katakan Peran Orang Tua Penting Turunkan Angka Stunting

Bupati Sanggau, Paolus Hadi Katakan Peran Orang Tua Penting Turunkan Angka Stunting


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah bahkan menurunkan angka stunting pada anak. Salahsatu caranya adalah dengan memberikan makanan dengan asupan gizi yang seimbang dan mengajarkan anak itu sendiri tentang pola hidup sehat. Demikian disampaikan Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat diwawancarai, Kamis (6/7/2023).

“Selain itu menjaga kebersihan lingkungan dan juga makanan yang diberikan kepada anak juga tidak kalah pentingnya,” ucap Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Bupati Sanggau menjelaskan bahwa fokus pemerintah dalam penanganan stunting antara lain melalui intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif. Intervensi gizi spesifik dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional yang tersebar di seluruh kecamatan. Sementara intervensi melalui gizi sensitif dilakukan melalui masyarakat umum, termasuk keluarga.

“Peran keluarga inilah yang harus ditingkatkan. Peran pemerintah juga ada disitu, yakni memberikan pemahaman tentang stunting dan kesehatan lainnya kepada Orangtua, tentunya melalui tenaga kesehatan yang ada,” jelas Bupati Sanggau.

Bupati Sanggau mengaku optimis, jika peran pemerintah dan peran orang tua berjalan, maka otomatis angka stunting di Kabupaten Sanggau dapat ditekan seminim mungkin.

“Saya berharap kita semua bekerjasama menurunkan stunting demi masa depan anak-anak kita kedepannya. Persoalan stunting ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tapi juga tanggungjawab seluruh komponen masyarakat, termasuklah para orang tua,” pungkasnya.