TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Ribuan umat Muslim di Kota Sanggau melaksanakan shalat Idul Adha 1445 Hijriah di halaman Kantor Bupati Sanggau, Kalimantan Barat, Senin 17 Juni 2024. 

Shalat Idul Adha 2024 ini diselenggarakan PHBI Kabupaten Sanggau.

Bertindak selaku imam shalat id yaitu H Akhwanudin dan Khatib Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sanggau H Nasri H Razali

Pada kesempatan itu, Ketua MUI Sanggau H Nasri H Razali menyampaikan beberapa inti sari khutbah.

Belasan Ribu Jemaah Laksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Raya Mujahidin Pontianak Pagi Ini

Pertama, ia mengimbau umat Muslim untuk meneladani nabi Ibrahim dalam berkurban dan dalam mentaati perintah Allah SWT, sehingga ia harus merelakan anak semata wayangnya untuk di kurban sesuai perintah Allah SWT.

“Kita memang tidak diperintahkan seberat perintah yang diberikan kepada nabi Ibrahim, namun kita diberikan kesempatan berkurban dengan membelinya untuk disembelih. Kemudian dibagi-bagikan dagingnya kepada orang-orang yang berhak menerimanya,”katanya.

Kedua adalah perintah berkurban bukan perintah sekali seumur hidup, sepuluh tahun sekali, lima tahun sekali ataupun tiga tahun sekali, namun disunnahkan tiap tahun sekali jika mampu dan makruh hukumnya ketika mampu tapi tidak berkurban. 

(*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version