TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman menghadiri kegiatan gerakan Tayan Bebas sampah yang dilaksanakan di Kafe Bosswan Bundaran Pulau Tayan, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Senin 10 Juni 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 dengan Tema “Inovasi Pengelolaan Sampah Kolaboratif Sebagai Upaya Penurunan Dampak Krisis Iklim”.

Dalam Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar yang dibacakan oleh Suherman menyampaikan bahwa Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan  pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

“Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem,” katanya.

Pj Bupati Sanggau Suherman Ikuti Trabas Baksos Bersama Sanjan Trail Adventure

Selanjutnya, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen bangsa, seluruh masyarakat, kelompok komunitas, aktivis, dunia usaha, para tokoh perempuan, generasi muda, green leaders, akademisi, jurnalis dan juga jajaran birokrasi  di daerah dan di lapangan.

“Peningkatan pengurangan emisi GRK pada tahun 2021 dan 2022 disebabkan keberlanjutan aksi mitigasi yang dilakukan di sektor energi oleh beragam pelaku aksi, baik pemerintah maupun sektor swasta dan masyarakat, dan adanya penambahan aksi mitigasi yang baru terlaporkan. Antara lain aksi mitigasi efisiensi energi pada industri semen dan industri pupuk pada sektor perindustrian,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, ia mengatakan terkait aksi kepedulian terhadap lingkungan dari berbagai pihak yang beberapa waktu lalu bahkan mulai dari anak SD sudah dilibatkan.

“Saya harap masyarakat Tayan yang hidup di aliran sungai agar jangan membuang sampah ke sungai. Membuang sampah itu dapat merusak lingkungan dan merugikan seluruh makhluk hidup bukan hanya manusia,” pungkasnya. 

(*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version