Bertempat di Bundaran Tayan Desa Pulau Tayan Kecamatan Tayan Hilir pada hari ini minggu (09/06/24) Komunitas GERTAS” Gerakan Tayan Bebas Sampah” bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau melalui Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Forkopincam Kecamatan Tayan Hilir, Institusi Pendidikan dan masyarakat Kecamatan Tayan dengan dikoordinir oleh salah satu BUMN PT. ANTAM Tbk melaksanakan kegiatan Susur Sampah di sekitar bundaran Tayan desa Pulau Tayan Kecamatan Tayan Hilir.

Kegiatan ini susur sampah ini juga dihadiri oleh National Geografic dan dibuka secara simbolis dari pimpinan PT. ANTAM Tbk. dalam arahannya pimpinan PT. ANTAM Tbk menyampaikan beberapa pesan bahwa kegiatan susur sampah pada hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan hari lingkungan hidup tahun 2024, salah satu isu utama pada hari lingkungan hidup tahun 2024 adalah sampah. terkait hal ini maka atas inisiasi dari berbagai pihak kegiatan susur sampah di bundaran tayan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kebersihan sekaligus menjaga bumi.

Kegiatan Susur sampah yang dilaksanakan pada hari ini yang cukup mendapat respon positif dari berbagai pihak, ini terlihat dari antusiame peserta kegiatan baik dari masyarakat umum maupun anak-anak pelajar. Sementara itu dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau sendiri hadir dalam kegiatan melalui bidang pengelolaan sampah dan limbah dengan menerjukan 8 personil petugas kebersihan dan 1 armada angkutan sampah.

Ermadi Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau yang mengikuti kegiatan ini mengatakan” kegiatan susur sampah pada hari ini merupakan salah satu langkah positif dalam rangka pengelolaan sampah dengan harapan masyarakat semakin sadar untuk menjaga lingkungan, pada kegiatan ini sampah yang terkumpul setelah dilakukan penimbangan sekitar 415 kg dengan jenis sampah didominasi sampah plastik dan botol” kata Ermadi. ” kami sangat berharap dengan kegiatan hari ini dapat menjadi contoh bagi tempat lain untuk melakukan, sehingga harapan kami dengan kegiatan susur sampah dan menjadikan kota kita makin bebas dengan sampah terutama sampah plastik” tutup Ermadi

 


Share.
Exit mobile version