TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Yohanes Ontot terpilih secara aklamasi sebagai Ketua dewan adat dayak (DAD) Kabupaten Sanggau periode 2024-2029. Ontot terpilih melalui musyawarah adat (Musdat) Dewan Adat Dayak (DAD) VII Kabupaten Sanggau tahun 2024 di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu 18 Mei 2024.

Musdat dibuka PJ Bupati Sanggau Suherman dan dihadiri Ketua DPRD Sanggau, Jumadi, perwakilan dari Polres Sanggau, perwakilan dari Kodim 1204/Sanggau dan undangan lainnya.

Yohanes Ontot mengucapkan terimakasih kepada semua dewan adat dayak se-kabupaten Sanggau, DAD Kecamatan dan organisasi sayap DAD yaitu PDKS dan P2D yang memberikan dukungan penuh kepada dirinya untuk menjalankan tugas lima tahun kedepan sebagai ketua DAD Kabupaten Sanggau.

“Yang kedua tentu program-program kerja yang akan datang harus kita sesuaikan dengan situasi yang berkembang di daerah kita,” kata Yohanes Ontot.

“Tentu juga kita nanti akan lihat sinergitas antara kebijakan pemerintah, karena misalnya sekarang terkait dengan pengentasan kemiskinan dan stunting. Jadi DAD juga harus ada intervensi juga, sekecil atau sebesar apapun dia,” tambahnya.

Pj Bupati Sanggau Suherman Buka Musdat VII DAD Kabupaten Sanggau

Selanjutnya, kerjasama antara DAD Kecamatan dan DAD Kabupaten yang harus di sinergikan. Kemudian terkait dengan narkoba, DAD bersama-sama masyarakat adat untuk mengantisipasi agar masyarakat adat tidak terlibat dari obat-obatan terlarang.

Kemudian, terakhir adalah mendorong bagaimana masyarakat hukum adat lebih berperan dalam hal menentukan areal-areal tanah adat yang harus di jaga, di pelihara oleh masyarakat adat yang menjadi potensi besar untuk tingkatkan ekonomi meraka di masing-masing DAD Kecamatan.

Sebelumnya diberitakan, PJ Bupati Sanggau Suherman membuka kegiatan musyawarah adat (Musdat) Dewan Adat Dayak (DAD) VII Kabupaten Sanggau tahun 2024 di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu 18 Mei 2024. Agenda Musdat diantaranya adalah pemilihan Ketua DAD Kabupaten Sanggau periode 2024-2029.

“Pertama saya mengapresiasi kepada panitia Musdat DAD Kabupaten Sanggau yang ke-7 tahun 2024 atas terselenggaranya pelaksanaan Musdat ini. Tentunya kami juga mendukung bahwa organisasi kemasyarakatan termasuk DAD merupakan bagian dari unsur yang perlu menjadi mitra pemerintah daerah,” katanya, Sabtu 18 Mei 2024.

Suherman berharap kepada ketua terpilih nantinya siapa pun dia agar agar betul-betul bisa membawa dan memajukan organisasi kedepannya.

“Kemudian menjadi organisasi modern serta bisa tetap terus berkomitmen bermitra dengan Pemerintah daerah, dengan rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya masyarakat Kabupaten Sanggau dan lebih khusus lagi masyarakat dayak,” tuturnya.

Terkait kesejahteraan masyarakat, paling tidak DAD berkontribusi membantu Pemerintahan daerah dalam hal penurunan angka kemiskinan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Sanggau. Pada kesempatan itu juga PJ Bupati Sanggau memberikan bantuan kepada panitia Musdat.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan banyak hal yang sudah dilakukan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah yang mensupport serta memberikan bantuan-bantuan kepada lembaga DAD, sehingga lembaga ini semakin bagus.

“Lembaga yang bagus ini bukan berarti dia harus hanya sekedar menerima, tetapi kita hargai betul pejabat Pemerintah yang sudah membantu kita selama ini. Saya berharap memang kerjasama Pemerintah dengan DAD ini harus kita sinergikan setiap saat, karena bagaimanapun Kabupaten Sanggau ini merupakan bagian dari masyarakat adat dayak,” katanya.




Share.
Exit mobile version