TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau, Antonius menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Sanggau tahun 2024 sebesar Rp 62 miliar.

“Artinya, Pemerintah Daerah melalui APBD telah menyiapkan anggaran untuk Pilkada Sanggau tahun 2024,”katanya, Selasa 7 Mei 2024.

Dari kesemuanya itu, alokasi anggaran untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp 42 miliar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rp 14 miliar, Polri Rp 5 miliar dan TNI Rp 1 miliar.

“Dalam hal penggunaan yaitu KPU, Bawaslu, TNI dan Polri. Empat unsur itu,”jelasnya.

Pemerintah daerah lanjutnya, telah mentransfer anggaran penyelenggaraan Pilkada sebesar 40 persen di tahun 2023. Selanjutnya sisa 60 persen baru bisa digunakan minimal lima bulan sebelum Pilkada 2024.

Baca juga: Soal Bakal Paslon Perseorangan, KPU Sanggau Buka Help Desk Bagi yang Ingin Konsultasi

“Berkaitan dengan aturan yang mengatur bahwa secara khusus untuk Pilkada penganggaran itu diberikan secara dua tahap. Tahap pertama diberikan tahun 2023 dan tahap kedua diberikan tahun 2024,”tuturnya.

Pada kesempatan ini juga Antonius berharap penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Sanggau bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai.

Berkaca pada Pemilu 2024 kemarin di Kabupaten Sanggau pelaksanaannya berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan konflik di tengah masyarakat, kemudian juga nihil sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK)

“Saya kira prestasi yang kita dapatkan pada Pemilu ini kita pertahankan. Jangan sampai timbul konflik segala macam, nah ini yang jadi tugas kita bersama,” tegasnya.

Selain itu, Antonius berharap pada Pilkada 2024 ini partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi semakin meningkat. Berkaca dari pemilu 2024, penggunaan hak pilih di Kabupaten Sanggau di angka 82.60 persen.

“Partisipasi masyarakat kita sudah mulai meningkat, tentu kita harapkan di Pemilu yang akan datang dan Pilkada 2024 ini semakin besar kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, untuk menentukan pemimpin kita,” pungkasnya. (*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version