Bertempat di Royalle Krakatau Hotel Cilegon Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau mengikuti Kegiatan City Sanitation Summit ke XXII Tahun 2024 pada tanggal 06 s/d 09 Mei 2024. Pejabat yang hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten adalah Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Marselus Junihardi, S.Hut, Pejabat Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda Sumardi, S.Hut dan Pejabat Teknik Penyehatan Lingkungan Ahli Pertama M. Irvan Nurliansyah, S.T.

Pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) adalah agenda rutin pertemuan tahunan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi yang disingkat menjadi AKKOPSI. Pada perhelatan tahun ini pelaksanaan CSS ke XIII dilaksanakan di Kota Cilegon. City Sanitasi Summit merupakan wadah bagi pemerintah Kota/kabupaten untuk bisa saling bertukar informasi terkait dengan penyelenggaraan pemerintah di bidang sanitasi. Sanitasi merupakan serangkaian serangkaian praktik dan tindakan yang bertujuan untuk melindungi, memelihara, dan meningkatkan kesehatan manusia dengan menciptakan kondisi kebersihan yang baik di lingkungan sekitar. Pengkondisian kebersihan tersebut meliputi: air bersih, pengelolaan limbah cair, toilet dan fasilitas sanitasi, manajemen sampah, kesehatan lingkungan, edukasi sanitasi, perencanaan kota yang baik, partisipasi masyarakat, standar dan kebijakan, dan pengelolaan bencana dan respons darurat.dari gambaran tersebut dapat dilihat bahwa sanitasi mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Manajemen Persampahan merupakan bagian dari sanitasi yang saat ini menjadi permasalahan umum bagi Kota-kota besar, maka dari itu Dalam pelaksanaan CSS XXII Tahun 2024 mengangkat tema “KONVERSI SAMPAH MENJADI ENERGI UNTUK MASA DEPAN BERKELANJUTAN”.Tema ini diharapkan dapat menjadi Komitmen Bersama bagi Pemerintah Kota/Kabupaten dalam Naungan Organisasi AKKOPSI agar bisa menyelesaikan permasalahan persampahan yang ada.

Selain dihadiri oleh anggota AKKOPSI di seluruh Indonesia, CSS XXII juga turut dihadiri oleh sejumlah kementerian seperti Kemenko PMK, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian PUPR, dan Kementerian PPN/Bappenas, serta tidak lupa juga sejumlah jejaring mitra AKKOPSI lainnya.


Share.
Exit mobile version