TMMD Ke-118 Resmi Dimulai Dipusatkan di Desa Kunyil Kecamatan Meliau

TMMD Ke-118 Resmi Dimulai Dipusatkan di Desa Kunyil Kecamatan Meliau


//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, selaku inspektur upacara, secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 yang dipusatkan di Desa Kunyil. Kegiatan bertempat di halaman sepakbola Dusun Suka Makmur, Kecamatan Meliau. Rabu (20/09/2023).

Dandim 1204 Sanggau, Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko mengatakan TMMD akan menyasar pembangunan secara fisik dan non fisik. Pembangunan fisik diantaranya pembangunan jalan dan jembatan. Sedangkan yang bersifat non fisik ada tiga belas poin, salah satu diantaranya yakni kegiatan penyuluhan dan sosialisasi.

Ia menyampaikan kegiatan TMMD dimaksudkan untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran pembangunan secara fisik maupun non fisik. TMMD juga merupakan wujud dari nawa cita Presiden Republik Indonesia yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa  dalam kerangka negara kesatuan.

“Kemanunggalan TNI dan rakyat ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh. TMMD ke-118 yang dilaksanakan di Kecamatan Meliau ini mengangkat tema sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat semakin kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan bahwa TMMD dilaksanakan melalui program lintas sektoral dengan melibatkan TNI, pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat. Sejauh ini, telah terjalin kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sanggau dan TNI, dalam hal ini Kodim 1204 Sanggau dalam rangka penanganan jalan dan jembatan dalam bentuk kegiatan TMMD secara fisik.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot juga mengharapkan agar masyarakat turut berperan dan berpartisipasi aktif dalam mendukung keberhasilan program TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari tersebut. Orang nomor dua di Bumi Daranante itu berharap TMMD dapat mencapai hasil yang maksimal sejalan dengan semangat yang digelorakan melalui program yang terintegrasi.

“Pemerintah daerah tentu sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI karena telah melaksanakan TMMD sehingga pemerintah dan masyarakat sangat terbantu melalui program yang telah disusun. Semoga kedepan agenda ini terus berlanjut dan semakin lebih baik pada masa yang akan datang,” harapnya.

Penulis : Izar

Editor   : E.A.Lusy