DPCKTRP Sanggau Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi SIDARASALIMBA, Ini Tujuannya

DPCKTRP Sanggau Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi SIDARASALIMBA, Ini Tujuannya


FOTO : momen berpoto bersama sela-sela sosialisasi dan pelatihan pengoperasian aplikasi SIDARASALIMBA oleh DPCKTRP Sanggau (ok/ist)

Sery Tayan – redaksi

SANGGAU – radarkalbar.com

DINAS Perumahan, Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (DPCKTRP) Kabupaten Sanggau menggelar sosialisasi dan pelatihan pengoperasian aplikasi SIDARASALIMBA, berlangsung pada Hotel Emerald, Senin (4/9/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 4 – 5 September 2023 ini, diikuti 30 peserta yang merupakan perwakilan kecamatan sek Kabupaten Sanggau.

SIDARASALIMBA adalah aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data data senitasi, air limbah, drainase dan persampahan yang berada oada Kabupaten Sanggau.

Sementara, sosialisasi dan pelatihan digelar untuk menambah pemahaman operator pada Kantor Kecamatan, dalam mengakses dan mengupload data ke apliksi SIDARASALIMBA. Kemudian, memahami berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Kepala Dinas Perumahan CKKTRP Sanggau Didit Richardi mengungkapkan sejak tahun 2021 pihaknya telah menyusun data best untuk dimasukan kedalam aplikasi SIDARASALIMBA tersebut. Dan Saat ini aplikasi tersebut telah dilakukan pemutakhiran.

“Aplikasi ini sangat membantu. Masyarakat dapat mengakses data sanitasi dengan mudah pada aplikasi SIDARASALIMBA. Data itu sebagai sarana untuk mengajukan usulan proposal. Nah, agar para operator masing-masing Kantor Kecamatan agar paham, maka dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan ini,” terang Didit.

Didit menerangkan, masyarakat dapat mengakses sarana tersebut melalui aplikasi. Kemudian untuk lebih memudahkan masyarakat yang tinggal pada wilayah kecamatan yang jauh dari kabupaten.

” Masyarakat yang jauh dari kabupaten dapat dengan mudah mengupload usulan ini dibantu oleh admin kecamatan,” terangnya.

Menurut Didit aplikasi SIDARASALIMBA telah memiliki fitur tambahan dari semula hanya sanitasi dan data – data kini telah ditambah fitur tambahan rainase dan persampahan.

Sementara, Kepala Bidang Permukiman pada Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Agus Hidayat menambahkan pelatihan tersebut guna memberikan cara kepada setiap operator pada Kantor Kecamatan untuk update informasi sistem, penginputan data eksisting, verifikasi data usulan yang dibuat oleh kecamatan.

“Aplikasi SIDARASALIMBA merupakan pilot project yang dikembangkan oleh Dinas Perumahan, Cipta Karya
Tata Ruang dan Pertanahan
Kabupaten Kabupaten Sanggau, untuk membantu Pemerintah Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.