Pemkab Sambas kembangkan  program penyediaan sarana air minum masyarakat

Pemkab Sambas kembangkan program penyediaan sarana air minum masyarakat


Sambas (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sambas, Kalimantan Barat, siap mengembangkan program penyediaan sarana air minum masyarakat (Pasminumas) sebagai upaya pemerataan air bersih untuk warga di daerah itu.

“Pasminumas diharapkan ketersedian air bersih di Kabupaten Sambas semakin merata. Masyarakat semakin sehat dan sekaligus mampu merubah perilaku,” kata Bupati Sambas, Satono, usai meresmikan program Pasminumas di Desa Pipit Teja Kecamatan Teluk Keramat, Senin.

Dikatakan Sartono, program Pasminumas tersebut mampu menghasilkan infrastruktur air minum dan sanitasi berskala kecil dengan pembiayaan yang relatif rendah dan kualitas konstruksi yang baik.
 

Bupati Sambas Satono meresmikan program Pasminumas di Desa Pipit Teja Kecamatan Teluk Keramat, Minggu (20/2/2022)

Menurut dia, penyediaan air bersih merupakan keharusan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat.

Sebab, air adalah kebutuhan dasar manusia, dan masyarakat punya hak untuk mendapatkan air bersih berkelanjutan dengan infrastruktur yang memadai.

“Kita akan terus mendorong instansi terkait untuk terus lakukan tugasnya agar program Pasminumas desa bisa dirasakan oleh warga manfaatnya,” ucap Satono.

Satono juga menyampaikan Pemkab Sambas akan fokus pada penyelesaian secara bertahap program Pasminumas dari desa ke desa yang belum ada pengelolaan air bersihnya.

Dia berharap para pelaku program tersebut dapat meningkatkan dampak positif yang dihasilkan dari program Pasminumas.

“Saya meminta dengan adanya Pasminumas di Desa Samustida dan Pipit Teja bisa dipelihara dan dikelola dengan baik, agar kualitas air yang dihasilkan akan tetap terjaga dan selalu jernih,” pesan Satono.