Paolus Hadi Sebut 40 Orang di Sanggau Berstatus Dalam Pemantauan

Paolus Hadi Sebut 40 Orang di Sanggau Berstatus Dalam Pemantauan



SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan, Sebanyak 40 orang di Kabupaten Sanggau berstatus dalam pemantauan.

Akan tetapi yang suspeck corona sampai hari ini belum ada.

“Yang 40 orang ini dipantau, yang dirawat tidak ada. Kita masih lihat terus perkembangan, nanti kalau memang ada pasti akan disampaikan,”kata Paolus Hadi,  saat menggelar konfrensi pers di Aula Kantor Bupati Sanggau, Senin (16/3/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, dr Jones Siagian menyampaikan, Kita sudah melaksanakan persiapan-persispan terkait dengan kompetensi Puskesmas tentunya.

“Seperti kita ketahui bahwa puskesmas ini fokus pada upaya-upaya pemantauan. Jadi pemantauan warga masyarakat kita yang pernah kontak dengan orang-orang yang penderita covid-19 yang positif,” kata  Jones Siagian.

Dampak Corona, DPRD Kalbar Sepakat Stop Perjalanan Keluar Kota Sementara Waktu

 Jones Siagian menambahkan, apa yang dilakukan sebenarnya tidak perlu banyak peralatan-peralatan. Yang pasti kita sudah menyiapkan seluruh Puskesmas kita punya petugas epidemiologi untuk melakukan standart-standart pemantauan itu.

“Kalau kita misalnya ketemu dengan orang yang sudah katakanlah terpapar tapi belum menimbulkan gejala, itu tadi namanya orang dalam pemantauan
(ODP). Sekarang ada 40 orang yang kita pantau, dan tersebar dibeberapa kecamatan,”ujar  Jones Siagian.

Mereka terus kita pantau dan kemudian kalau tidak ada gejala dan selesai 14 hari maka mereka bebas. Jika sudah ada gejala maka segera kita kirim ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan-tindakan selanjutnya sebagaimana SOP yang sudah ada.

“Disamping itu juga seluruh petugas puskesmas sudah kita beri pengetahuan terkait dengan ketika mereka melakukan penyuluhan,” ujar  Jones Siagian.

Sementara itu, Dokter RSUD M Th Djaman Sanggau, dr Leonard Pardede SpPD menambahkan
Pasien jika berobat biasanya masuk ke UGD terlebih dahulu.