Sanggau, Media Kalbar

Penjabat (PJ) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H, di damping Asisten II Sekretariat Daerah, Bappeda dan Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Sanggau melaksanakan pertemuan dengan PT Perkebunan Nusantara IV Regional V, bertempat di Ruang Rapat Bupati Sanggau, Kabupaten Sanggau. Selasa (25/06/2024).

Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu menyatakan dukungannya terhadap inisiatif PTPN IV melalui Regional V dalam memperkuat pembangunan ekonomi berkelanjutan dan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Sanggau yang merupakan dua elemen kunci dalam memastikan kesejahteraan masyarakat. Langkah ini dianggap sebagai upaya strategis dalam menghadapi tantangan ekonomi dan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, PTPN IV Regional V melakukan ekspose (sosialisasi) kepada Pemerintah Kabupaten (PemKab) Sanggau mengenai pentingnya kolaborasi antara PemKab Sanggau dan PTPN IV dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan ketahanan pangan. Indeks ketahanan pangan menurut Global Food Security Index (GFSI) diukur dengan menggunakan 4 (empat) indikator yakni keterjangkauan harga pangan (affordability), ketersediaan pasokan (availability), kualitas nutrisi (quality and safety), serta keberlanjutan dan adaptasi (sustainability and adaptation).

PJ Bupati Sanggau, Suherman,S.H, M.H, menyampaikan ketahanan pangan adalah landasan utama dari kehidupan yang sehat dan produktif. Ini bukan hanya tentang memiliki cukup makanan untuk semua orang, tetapi juga tentang akses yang adil dan keberlanjutan terhadap makanan berkualitas tinggi.

Dalam upaya mencapai ketahanan pangan berarti mampu untuk mengatasi kelaparan, malnutrisi, dan kerentanan terhadap fluktuasi harga pangan yang sering terjadi. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan upaya serius dalam hal produksi pangan berkelanjutan, distribusi yang adil, dan pendidikan gizi yang memadai.

Region Head PTPN IV Regional V yang diwakili oleh SEVP Business Support M. Zulham Rambe turut menyampaikan pandangannya mengenai hal yang sama, “Kami di PTPN IV Regional V sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan PemKab Sanggau dalam memperkuat pembangunan ekonomi berkelanjutan dan ketahanan pangan,” ujarnya.

Pengembangan sektor perkebunan dan berkelanjutan memiliki potensi untuk menciptakan lapangan kerja lokal yang sangat signifikan, dengan menginvestasikan sumber daya yang tepat dan memastikan kesempatan yang setara untuk semua masyarakat dalam mengakses peluang ekonomi dalam menghadapi tantangan dan perubahan serta stabilitas ekonomi jangka panjang.

Dipenghujung kegiatan PJ Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H meminta agar PTPN IV Regional V terus meningkatkan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau biasa dikenal CSR di Kabupaten Sanggau.

Pemkab Sanggau berencana akan memberikan penghargaan/ award kepada setiap Badan Usaha yang telah memberikan CSR-nya. Harapan dengan diberikan award ini kepada para pelaku usaha baik BUMN maupun Swasta di wilayah Kabupaten Sanggau dapat membangun Kabupaten Sanggau menjadi lebih maju, hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah No. 10 tahun 2012, tentang tanggung jawab sosial perusahaan dan Peraturan Bupati No. 107 tahun 2021 tentang penyelenggaraan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan,” harapnya. (Bis/mk)


Share.
Exit mobile version