Polres Sanggau – Bertempat di Halaman Apel Polres Sanggau Jalan Jenderal Sudirman Kel. Beringin Kec. Kapuas Kab. Sanggau, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan “Patuh Kapuas Tahun 2024” di Wilayah Hukum Polres Sanggau.

Selaku Inspektur Apel Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Perwira Apel Kompol Wahyu Hartono, S.H., M.A.P., Komandan Apel Ipda M.S. Sofyan, Peserta Apel terdiri dari Perwira Polres Sanggau, Gabungan Staf, Sat Samapta, Sat Lantas, Gabungan Sat Intel, Reskrim, Restik dan Tahti, Dishub Sanggau, Kodim 1204 Sanggau, Subdenpom XII/1-2 Sanggau dan Sat Pol PP Sanggau.

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Wakapolres Sanggau secara simbolis menyematkan pita operasi kepada perwakilan personel TNI, Satpol PP Sanggau, serta personel Sat Lantas, Polres Sanggau sebagai tanda dimulainya Operasi Patuh Kapuas 2024.

Wakapolres Sanggau dalam kesempatan tersebut membacakan Amanat dari Kapolda Kalbar yng mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan kesadaran dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas, polda kalbar akan melaksanakan operasi Kewilayahan, dengan sandi Operasi Patuh Kapuas 2024.

“Operasi ini berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 juli 2024 s.d 28 juli 2024, yang melibatkan kurang lebih 510 personel jajaran polda kalbar dan didukung anggaran yang bersumber dari DIPA Ditlantas Polda Kalbar sebesar Rp. 1.063.860.000,- (Satu Milyar, Enam Puluh Tiga Juta, Delapan Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah),” ucapnya.

Seiring dengan meningkatnya mobilitas di jalan raya tentunya berimplikasi terhadap bertambahnya angka kecelakaan lalu lintas. Selama periode 01 Januari 2024 s.d 01 Juli 2024, terjadi 536 laka lantas, yang menyebabkan 179 jiwa meninggal dunia, 234 luka berat, 499 luka ringan dan kerugian materil senilai kurang lebih 3,2 Milyar Rupiah.


“Hal tersebut menunjukan tingkat resiko kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di provinsi kalimantan barat masih relatif cukup tinggi dan perlu menjadi perhatian bersama. Diperlukan kolaborasi dan langkah partnership dengan seluruh pihak terkait, guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat akan etika dan aturan berkendara, termasuk tindakan nyata dalam menyediakan fasilitas jalan yang baik dan memenuhi standar keselamatan,” sambung Wakapolres Sanggau membacakan Amanat Kapolda Kalbar.

Kapolda Kalbar juga memberikan penekanan untuk dipedomani oleh seluruh personel yang melaksanakan Operasi Patuh Kapuas-2024, diantaranya, Laksanakan tugas dengan sungguh- sungguh, tanamkan dalam diri bahwa operasi patuh kapuas 2024 merupakan tugas yang mulia yang menyangkut jiwa manusia.

Siapkan performa terbaik masing- masing personel, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat membantu permasalahan masyarakat yang berkaitan dengan lalu lintas. Laksanakan deteksi dini, inventarisir dan gatur lalu lintas di lokasi Blank Spot daerah rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan.

“Berikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara masif tentang tertib berlalu lintas melalui sarana Media Cetak, Media Elektronik dan Media Sosial. Jalin kerja sama dan sinergitas dengan seluruh pihak, kedepankan penyelesaian yang solutif terhadap permasalahan lalu lintas.  Serta Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, yang dapat memberikan contoh dan teladan bagi Masyarakat,” ungkap Kapolda Kalbar.

Mengakhiri Amanatnya, Kapolda Kalbar mengucapkan Terima Kasih dan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Personel Jajaran Polda Kalbar dan Polres Jajaran, Stakeholder dan seluruh pihak terkait yang terlibat dalam Operasi Patuh Kapuas 2024 ini.

“Semoga pengabdian tugas yang kita lakukan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal baik dan ibadah kita semua. Ingatlah setiap nyawa di jalan raya sangat berharga, jangan biarkan melayang sia-sia dan meninggalkan nestapa bagi keluarganya,” tukasnya.


Share.
Exit mobile version