//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto, S.IP yang juga seorang Purna Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Angkatan III lulus Tahun 1994 dan hadir Zamhir Islami, S.STP selaku Penanggungjawab Praktek Lapangan II Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Kalimantan Barat dan hadir salah satu dari Praja Muda Angkatan XXXIII IPDN Kampus Kalimantan Barat, Adventhia Rut Angelina yang sedang melaksanakan kegiatan Magang II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau hadir sebagai narasumber pada acara Podcast bersama Radio Republik Indonesia (RRI) Entikong, dengan tema “Sisi lain IPDN”. Kegiatan bertempat di Ruang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau. Selasa (11/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto menceritakan yang mana di zaman beliau ketika masih menjadi Praja di STPDN dulu belum ada penjurusan.

“Semuanya adalah jurusan pemerintahan, tetapi rincian materi pembelajarannya itu di akademik sama. Ketika sudah berkembang dari yang namanya dulu STPDN menjadi IPDN, yang dimana ada permintaan dari daerah dan juga ada evaluasi berkaitan dengan perkembangan itu maka dibentuk lagi yaitu regional seperti kampus sekarang ini. Alhamdulillah kita di Kalimantan Barat dapat kampus IPDN ini dan ada beberapa daerah provinsi lainnya juga,” jelasnya.

Lanjut disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto bahwa pembelajaran di IPDN itu adalah mempersiapkan mereka menjadi manusia yang utuh di masyarakat, artinya standar bangunnya kita itu jam 4 subuh.

“Yang muslim pastinya bangun untuk sholat subuh, bagi yang non muslim mereka bisa memulai kegiatan mereka lebih awal dan itu menjadi standar. Di kampus sudah mempersiapkan itu sampai tamat nanti seperti saya ini yang sudah lulus selama 30 tahun dari STPDN bahwa standar kebaikan yang dititipkan dari STPDN kepada saya itu saya pegang teguh,” ucapnya.

Selaku Purna Praja, Joni Irwanto yang juga selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau berpesan kepada para Praja IPDN yang sedang melaksanakan Magang II di Kabupaten Sanggau bahwa nikmati seluruh nilai aturan yang dititipkan oleh lembaga IPDN kepada kita.

“Karena saya sebagai senior sangat merasakan manfaatnya ketika kita sebelum menjadi Purna dan kita menjadi ASN, calon pemimpin di pemerintahan dan masyarakat berharap kita bisa memberikan perubahan-perubahan. Baik itu perubahan sikap perilaku, maupun kemampuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pesannya.

“Karena ingat perjuangan terbesar adalah mengalahkan diri sendiri. Oleh karena itu kita harus terus mempunyai semangat bahwa bangsa kita ini terus bertumbuh dan berkembang dan memerlukan pemimpin yang berkualitas,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama Zamhir Islami, S.STP selaku Penanggungjawab Praktek Lapangan II Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Kalimantan Barat menceritakan bahwa kehidupan di Kampus IPDN sangat disiplin.

“Baik itu dari segi penampilan yang harus rapi dan bersih, pola makan juga di atur dengan makanan yang bergizi, hingga tidur pun di atur jangan sampai bergadang. Karena pada pukul 22.00 malam mereka sudah harus istirahat atau tidur, sehingga ketika bangun pagi (subuh) mereka tidak kesiangan dan bisa melaksanakan aktifitas sehari-hari sebagai mahasiswa/mahasiswi IPDN,” jelasnya.

Zamhir Islami, S.STP juga berpesan kepada mahasiswa/mahasiswi IPDN dengan adanya kegiatan Magang II IPDN Kampus Kalbar di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau ini mudah-mudahan dari Praja IPDN memberikan dampak positif untuk Kabupaten Sanggau.

“Sehingga kedatangan IPDN ke Kabupaten Sanggau bukan hanya sekedar formalitas, akan tetapi memang memberikan warna tersendiri, terlebih untuk dinas/badan dan kecamatan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Adventhia Rut Angelina adalah seorang Praja IPDN Kampus Kalimantan Barat yang sedang melaksanakan kegiatan Magang II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau menceritakan kehidupan sebagai mahasiswi IPDN Kampus Kalimantan Barat sangat menyenangkan.

“Untuk teman-teman yang ingin bergabung untuk masuk menjadi mahasiswa/mahasiswi IPDN tidak perlu takut, karena fasilitas yang sudah disiapkan dari IPDN sudah lengkap, seperti lapangan bola, badminton, voli, tenis meja, rumah ibadah dan yang lainnya.” ujarnya

“Kita di IPDN juga dididik selain ilmu teori yang diajarkan juga untuk tetap disiplin waktu dan juga dalam berpakaian yang tetap terus rapi. Karena kita dipersiapkan untuk menjadi seorang ASN yang siap ketika menjadi pemimpin di pemerintahan dan melayani masyarakat yang tetap mengedapan aturan-aturan kediplinan yang sudah ditanamkan ketika kita masih menjadi Praja IPDN,” ujar Adventhia Rut Angelina, Praja IPDN Kampus Kalimantan Barat.

Penulis     : Abang Alfian

Editor      : E.A.Lusy


Share.
Exit mobile version