TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman memimpin rapat kordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Sanggau di Ruang Rapat Sabang Merah Kantor Bupati Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa 4 Juni 2024.

Pada kesempatan itu Suherman menyampaikan bahwa Reforma Agraria adalah penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui kegiatan penataan aset dan penataan akses untuk kemakmuran rakyat.

Reforma Agraria memiliki tujuan yang pertama, untuk mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan.

Kedua, menangani sengketa dan konflik agraria, ketiga menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria melalui pengaturan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.

Keempat, menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan, kelima memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi. Keenam, meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan dan dan ketujuh memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan hidup.

PJ Bupati Sanggau : PAUD Harus Dapat Jadi Pelopor Layanan Pendidikan yang Ramah Untuk Anak Didiknya

Suherman juga mengatakan, Kantor Pertanahan Kabupaten Sanggau telah melaksanakan penataan aset dan penataan akses.

Penataan aset dilakukan melalui kegiatan redistribusi tanah dan PTSL.

“Pada Tahun 2024 target redistribusi tanah Kabupaten Sanggau sebesar 3.800 shat di 8 desa yaitu Desa Bantai dan Tunggul Boyok Kecamatan Bonti, Desa Nekan Kecamatan Entikong, Desa Empoto, Idas, Semongan, Sungai Dangin Kecamatan Noyan dan Desa Bungkang Kecamatan Sekayam yang bersumber dari pelepasan kawasan hutan,”jelasnya.

Adapun target PTSL pada tahun 2024 sebanyak 7.024 bidang dan PBT 37.642 ha. Penataan akses di Kabupaten Sanggau dilakukan dengan fasilitasi pendampingan pemberdayaan tanah masyarakat yang dilakukan dalam 3 fase pada desa-desa yang telah dan sedang dilaksanakan penataan aset.

(*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version