Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sanggau, Antonius, S.Sos dan Ketua FKDM Kabupaten Sanggau, Kurniawan, SH mengikuti Sosialisasi dan Kampanye Kesadaran Masyarakat, bertajuk “Bangkit Untuk Indonesia Emas” yang diselenggarakan oleh Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Kalimantan Barat, Rabu 29 Mei 2024 bertempat di Aula Rapat Qubu Resort.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Ketua FKDM Kalbar Prof Chairil Efendi dalam paparannya menyampaikan untuk menghadapi Indonesia Emas 2045, ada sejumlah hal yang harus dilakukan.

Pertama, menghargai perjuangan dan pengorbanan yang telah membawa Indonesia hingga tahap ini.

Kedua, mendorong inovasi dan transformasi diberbagai bidang, diantaranya teknologi, ekonomi, maupun sosial.

Ketiga, Transformasi digital yang merupakan bagian penting dari perjalanan menuju Indonesia Emas.

Keempat, Kolaborasi antar pihak mulai dari pemerintah, swasta dan masyarakat sipil.

Kemudian, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalbar, Manto menyampaikan masyarakat harus berperan aktif untuk mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Emas 2045 mendatang.

Bonus demografi yang akan dimiliki Indonesia harus dijadikan momentum membuat Indonesia maju.

Satu diantara yang dapat berperan aktif meninggkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk Indonesia Emas adalah organisasi masyarakat.

“Ormas memiliki jejaring sedemikian rupa di masyarakat, sehingga untuk menyambut Indonesia emas ini lebih efektif dibanding birokrat,” tuturnya.

Pendamping masyarakat untuk menyambut Indonesia Emas paling tepat dimulai dari level keluarga, dan Ormas lah yang paling mampu diawal melalukan itu.

“Peran Ormas ini kami harapkan dapat berkesinambungan dalam menggalakkan kampanye menuju Indonesia Emas,” ujarnya.


Share.
Exit mobile version