//Diskominfo Sanggau//

Sanggau, Banjir di Desa Sosok, Kecamatan Tayan Hulu terbilang cukup parah. Sedikitnya delapan dusun, yang terdiri dari 579 kepala keluarga (KK) terdampak banjir tersebut. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau pada Kamis (23/5/2024) pagi meninjau langsung lokasi banjir dan mengirimkan bantuan.

Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman mengatakan mengenai jumlah korban per jiwa, pihaknya masih melakukan pendataan baik dari kecamatan, BPBD Sanggau, kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Untuk data per jiwa masih dilakukan pendataan. Bantuan sudah pemerintah salurkan. Saya menyerahkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya disela-sela meninjau banjir di Desa Sosok.

Suherman melanjutkan, Kemarin informasinya ada tujuh kecamatan yang terdampak banjir, namun empat kecamatan yaitu kecamatan Balai dan Entikong, Tayan Hilir, Balai dilaporkan air sudah surut, kecuali di Tayan Hulu kondisi air masih merendam ratusan rumah warga.

“Empat dari tujuh kecamatan sudah surut airnya sisa tiga kecamatan kondisi air masih tinggi dan merendam rumah warga. Kami dari Pemkab Sanggau akan cepat tangani,” Ujar Pj Bupati Sanggau.

Langkah selanjutnya dalam penanganan bencana banjir di Kabupaten Sanggau ini. Pj Bupati Sanggau mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Sanggau telah meminta BPBD Sanggau untuk menempatkan perahu kebencanaan untuk antisipasi banjir susulan. Kemudian, apabila dibutuhkan dapur umum maka dapat segera dibangun.

“Selain itu, bagi masyarakat yang membutuhkan tempat mengungsi dapat langsung berkoordinasi dengan camat setempat untuk penyediaan tempat tersebut baik di kantor camat maupun desa. Dan saya minta tim TRC BPBD kabupaten Sanggau untuk segera mendirikan posko,” Ungkap Suherman.

Selain meninjau lokasi banjir di desa sosok dan desa Menyabo kecamatan Tayan hulu, Pj. Bupati Sanggau bersama anggota Forkopimcam Tayan Hulu, secara simbolis memberikan bantuan berupa Beras, mie instan dan makanan siap saji kepada warga yang terdampak banjir.


Share.
Exit mobile version