PENJABAT (Pj) Bupati Sanggau, Suherman mengatakan perayaan Imlek 2575 Kongzili dan Cap Go Meh 2024 merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat ikatan persaudaraaan antar sesama.

“Imlek dan Cap Go Meh bukan hanya tentang merayakan pergantian tahun dalam kalender lunar. Namun, ini adalah perayaan yang memberikan kita kesempatan untuk bersama merenungkan arti pentingnya persaudaraan, di tengah tantangan kehidupan yang semakin komplek saat ini,” ungkap Suherman, saat membuka perayaan Imlek dan Cap Go Meh, berlangsung di halaman Mall Pelayanan Publik Kota Sanggau, Sabtu (24/2/2024).

Momen perayaan Imlek dan Cap Go Meh di kota Sanggau ini berlangsung meriah, dengan atraksi beberapa Tatung, Barongsai, tarian multi etnis serta aneka perlombaan dan pertunjukan lainnya.

Hadir saat itu, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah (BPKW) XII Kalbar Dewi Murwaningrum, Uskup Sanggau Mgr Valentinus Saeng, CP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Alipius, Kepala Dinas Porapar Sanggau Libertus Toto Martono, Camat Kapuas Laurianus Yoka, Plh Ketua MABT Sanggau Gideon, para ketua etnis di Sanggau serta undangan lainnya.

Menurut Suherman, semua pihak mesti dapat membangun toleransi dan menghargai keberagaman yang menjadi kekayaan setiap orang.

“Untuk itu, kita bersama dan seluruh masyarakat mesti dapat merawat kebhinekaan serta kerukunan dan persatuan, agar tercipta suasana kondusif dan damai di Bumi Daranante tercinta ini,” tuturnya.

Dijelaskan, perayaan tersebut tidak hanya menjadi bagian pelestarian dari warisan budaya. Tetapi juga menjadi momen untuk merefleksikan nilai-nilai penting yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

“Semua dapat merasakan semangat kebersamaan yang mengalir diantara semua kalangan, baik dari berbagai latar belakang budaya, agama dan etnis,” ucapnya.

Ia juga tak lupa mengucapkan selamat tahun baru Imlek dan Cap Go Meh kepada warga Tionghoa di Kabupaten Sanggau.

“Semoga perayaan ini membawa kemakmuran dan keberuntungan bagi kita semua,” ucapnya.

Tema perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 di Kabupaten Sanggau ini mengusung tema ‘Mengarifkan Kebhinekaan, Memperkokoh Kerukunan dan Sukacita Dalam Keberagaman. (SrY)


Share.
Exit mobile version