Categories: Radar Kalbar

Meriah….!! Wakil Ketua DPRD Sanggau Tutup Malam Hiburan Lomba Lato-lato, Dihadiri Kasi Kesra dan Kades Pedalaman


POTO : Wakil Ketua DPRD Sanggau Acam SE saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba adu kebolehan permainan Lato-lato, berlangsung di taman galeri Dusun Tanjung, Desa Pedalaman, Tayan Hilir (red)

TAYAN HILIR – radarkalbar.com

WAKIL Ketua DPRD Sanggau, Acam SE menutup malam hiburan lomba Lato-lato berlangsung di taman galeri Dusun Tanjung, Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, pada Sabtu (28/1/2023).

Hadir saat itu, Kasi Kesra Kecamatan Tayan Hilir, Magdalena Yunita Amd, dan Kepala Desa Pedalaman Sunarto serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda setempat.

Masyarakat terlihat antusias menyaksikan malam hiburan lomba Lato-lato tersebut. Kendatipun digelar dengan sederhana dengan menghadirkan beberapa biduan.

Kepala Desa (Kades) Pedalaman Sunarto memberikan apresiasi kepada panitia merupakan pemuda Dusun Tanjung dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berupaya menggelar kegiatan.

Menurut Sunarto dengan digelarnya kegiatan itu, merupakan upaya untuk membangkitkan kembali kunjungan wisata di lingkungan Keraton Paku Negara. Dimana sebelumnya ramai dikunjungi.

“Saya apresiasi kawan-kawan panitia dan Pokdarwis atas upaya menggelar kegiatan ini. Ini merupakan ikhtiar kita membantu pemulihan ekonomi masyarakat, pasca pandemi,” ungkapnya.

Harapannya kata Narto, dengan ramainya kunjungan di kawasan atau lingkungan Keraton Paku Negara ini, maka akan memberikan dampak positif kepada usaha kuliner, wahana permainan serta sektor lainnya.

“Ini harapan kita, perekonomian usaha kecil menggeliat,” timpalnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam SE mengungkapkan permainan Lato-lato menurut penelitian para ahli bisa membangkitkan syaraf motorik anak.

“Sebab, saat bermain Lato-lato semuanya mesti terhubung, jika tidak maka akan gagal bermainnya. Jadi, disisi lain banyak manfaat sebenarnya permainan Lato-lato ini,”ungkap pria asal Tebang Benua, Tayan Hilir ini.

Legislator Partai Hanura ini memaparkan, sisi lain dari permainan Lato-lato ini mengembalikan interaksi sosial anak-anak. Dimana sebelumnya disibukkan dengan bermain handphone (Hp).

“Nah, manfaat lainnya, anak-anak dengan bermain Lato-lato ini bisa mengembalikan interaksi sosialnya dengan kawan-kawan sepermainan. Dimana sebelumnya, jika main Hp sibuk sendiri-sendiri,” tutur politisi daerah pemilihan (dapil) Tayan, Toba Meliau ini.

Kendati demikian kata pria yang dikenal dekat dengan berbagai kalangan ini, berpesan kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya saat bermain Lato-lato tersebut. Guna untuk menghindari terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

“Untuk orang tua mesti mengawasi anak-anaknya bermain Lato-lato, takutnya tali pengikatnya kendor atau hampir putus. Jadi perlu pengawasan juga, jika anak-anak bermain Lato-lato ini,” pesannya.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Sanggau ini sempat “menantang” Pokdarwis Swapraja Desa Pedalaman untuk menggelar lomba serupa dengan hadiah yang lebih menarik dan level Kabupaten Sanggau.

“Bagaimana Pokdarwis, untuk agustusan nanti kita gelar untuk level se Kabupaten Sanggau, dan tuan rumahnya di sini (Pokdarwis, red). Kalo bisa hadiahnya sepeda listrik, atau yang lebih menarik lagi,” cetusnya.

Sontak ungkapan Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam SE disambut tepuk tangan masyarakat yang menghadiri malam penutupan tersebut.

Sebelum dilaksanakan pembagian hadiah kepada para pemenang. Terlebih dahulu para pemenang memperagakan permainan Lato-lato dihadapan penonton dengan berganti-ganti posisi.

Kemudian, salah satu juara lomba Lato-lato ini, merupakan perempuan. Kemudian untuk juara I diraih peserta dari Dusun Lais, Desa Lalang.

Menariknya, Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam SE menyempatkan diri melantunkan 3 tembang kesayangannya. Dan membuat suasana semakin semarak dan meriah.

Usai pembagian hadiah kepada para pemenang dilaksanakan hiburan, dimulai dengan penampilan grup senam ibu-ibu setempat.

Pewarta /editor : Sery Tayan


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Pasar Bodok Terbakar – Radar Kalbar

FOTO : kebakaran yang menghanguskan sejumlah ruko di komplek pertokoan pada pasar Bodok, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, pada Jumat tanggal 26/4/2024 [tangkapan layar]pewarta / editor : tim redaksiSANGGAU – radarkalbar.comKEBAKARAN hebat melanda komplek pertokoan pada…

1 jam lalu
  • Kalimantan Today

Giliran Partai Hanura Sanggau Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati – Kalimantan Today

Foto—Ketua DPC Partai Hanura, Acam KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Setelah Partai Demokrat, PDIP, dan PAN, kini giliran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Sanggau yang akan membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Sanggau…

10 jam lalu
  • Kalimantan Today

Begini Mekanisme Bagi Anggota Dewan yang Ingin Maju di PIlkada Sanggau 2024 – Kalimantan Today

Foto—Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Iis Supianto   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sanggau tinggal menghitung hari. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau, Iis Supianto menegaskan, pencalonan kepala daerah (Cakada) di Pemilihan…

10 jam lalu
  • Disdikbud

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Se-Kabupaten Di SMP Negeri 2 Meliau, 25 April 2024 – DISDIKBUD

  Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP untuk Bulan April Tahun 2024 diselenggarakan di SMP Negeri 2 Meliau, yang belokasi di Desa Meliau Hulu Kecamatan Meliau. MKKS ini dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah Jenjang…

14 jam lalu