Categories: Antaranews

Kencana Group gelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan Karhutla


Kapuas Hulu (ANTARA) – Perusahaan perkebunan kelapa sawit Kencana Group melalui PT Kapuasindo Palm Industry (PT KPI) menggelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sungai Tawang Estate Desa Keling Panggau, daerah perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Empanang Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

“Kami dari Kencana Group komitmen untuk membantu bersama-sama dengan pemerintah dalam mencegah dan penanggulangan karhutla,” kata Regional Control Kenepai PT KPI Ikhwan Lubis, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Baca juga: Lahan di Singkawang terbakar seluas 3,5 hektar

Baca juga: Setelah hujan, titik api di wilayah Kalbar berkurang

Selain PT Kapuasindo Palm Industry (PT KPI), kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh PT Dinamika Multi Perkasa ( DMP) dan PT Gading Tirta Mandiri (GTM) yang tergabung dalam Kencana Group di wilayah Semitau.

Disampaikan Ikhwan Lubis, kegiatan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla tersebut sangat penting dilakukan sebagai upaya dalam mencegah terjadinya karhutla khususnya disekitar perkebunan dan wilayah kerja perusahaan.
 

Sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang diselenggarakan oleh Kencana Group perkebunan kelapa sawit, di Kecamatan Empanang wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Humas Kencana Group.)

Dia mengatakan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla itu juga melibatkan masyarakat di sekitar areal perkebunan kelapa sawit, Manggala Agni dan jajaran pemerintah baik di tingkat desa dan kecamatan hingga tingkat kabupaten seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu dan juga dinas perkebunan setempat.

“Kami mengajak dan mengimbau agar masyarakat di sekitar perusahaan peduli dalam penanggulangan karhutla secara bersama-sama sesuai anjuran pemerintah,” kata Ikhwan Lubis.

Baca juga: Kapolda Kalbar bertemu Forkopimda Kapuas Hulu bahas penanggulangan karhutla

Baca juga: BMKG Supadio mendeteksi ada sebanyak 408 titik api di Kalbar

Camat Empanang Donatus Dudang menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla itu sangat penting untuk membangun dan meningkatkan sinergi antara perusahaan dan warga yang ada di sekitar lokasi perkebunan.

“Kami berharap semua dapat bersinergi dengan keterlibatan semua pengurus desa dan adat dalam menangani karhutla  secara bersama-sama,” ujarnya.
 

Sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang diselenggarakan oleh Kencana Group perkebunan kelapa sawit, di Kecamatan Empanang wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Humas Kencana Group.)

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kapuas Hulu Kusnadi menyampaikan apresiasi atas sosialisasi dan pelatihan penanggulangan Karhutla di sekitar lokasi perkebunan kelapa sawit.

Menurut dia, dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan sinergi dan rasa kepedulian dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla.

“Persoalan Karhutla bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah, tetapi tanggungjawab semua pihak termasuk kesadaran baik perusahaan mau pun masyarakat, sehingga tidak terjadi Karhutla yang mengakibatkan kabut asap,” ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga perusahaan yang berinvestasi di wilayah Kapuas Hulu untuk bersama-sama bahu membahu dalam mencegah dan menanggulangi Karhurla.

“Yang jelas persoalan Karhutla tanggungjawab kita bersama dan kita lepaskan ego sektoral,” pesan Kusnadi.

Baca juga: BMKG: Sebanyak 112 titik panas terpantau di kawasan Kalbar




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Pasar Bodok Terbakar – Radar Kalbar

FOTO : kebakaran yang menghanguskan sejumlah ruko di komplek pertokoan pada pasar Bodok, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, pada Jumat tanggal 26/4/2024 [tangkapan layar]pewarta / editor : tim redaksiSANGGAU – radarkalbar.comKEBAKARAN hebat melanda komplek pertokoan pada…

56 menit lalu
  • Kalimantan Today

Giliran Partai Hanura Sanggau Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati – Kalimantan Today

Foto—Ketua DPC Partai Hanura, Acam KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Setelah Partai Demokrat, PDIP, dan PAN, kini giliran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Sanggau yang akan membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Sanggau…

9 jam lalu
  • Kalimantan Today

Begini Mekanisme Bagi Anggota Dewan yang Ingin Maju di PIlkada Sanggau 2024 – Kalimantan Today

Foto—Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Iis Supianto   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sanggau tinggal menghitung hari. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau, Iis Supianto menegaskan, pencalonan kepala daerah (Cakada) di Pemilihan…

10 jam lalu
  • Disdikbud

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Se-Kabupaten Di SMP Negeri 2 Meliau, 25 April 2024 – DISDIKBUD

  Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP untuk Bulan April Tahun 2024 diselenggarakan di SMP Negeri 2 Meliau, yang belokasi di Desa Meliau Hulu Kecamatan Meliau. MKKS ini dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah Jenjang…

14 jam lalu