PERBAIKAN DAN PEMELIHARAAN FASILITAS PENUNJANG DI MPP UNTUK MENJAGA TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT – DPMPTSP


Pemeriksaan jaringan internet di unit pelayanan Imigrasi oleh Tenaga Teknis Jaringan dari Dinas Kominfo

//DPMPTSP KAB. SANGGAU//

Ruang publik merupakan suatu tempat yang berfungsi memfasilitasi masyarakat untuk berkumpul dan berinteraksi dalam suatu komunitas sosial. Mal Pelayanan Publik (MPP) adalah salah satu ruang publik tempat untuk memenuhi kebutuhan pelayanan berbagai urusan masyarakat yang dilaksanakan dalam satu tempat dimana semua penyedia atau pelaksana layanan terdapat di tempat tersebut. Terawatnya fasilitas penunjang di MPP sudah pasti akan membuat kita betah dan nyaman berlama-lama menghabiskan waktu di MPP untuk menunggu selesainya aktivitas pemberian layanan dari penyedia layanan.

MPP Kabupaten Sanggau menyediakan berbagai layanan publik kepada masyarakat dengan maksud untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sehingga menjadi lebih cepat, murah, mudah, nyaman dan efisien dengan mengintegrasikan berbagai layanan  yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Kabupaten, Perangkat Daerah  Propinsi, Kementerian/Lembaga,  BUMN/BUMD dan unit layanan pendukung lainnya dalam satu lokasi atau satu gedung yang sama dan dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas pendukung untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat pengguna layanan seperti ruang tunggu yang nyaman, serta yang paling pokok adalah fasilitas jaringan internet dan pendingin ruangan (AC) yang memadai.

Kemarin (Rabu, 24/11/2021, red), menurut laporan dari unit pelayanan di loket Imigrasi di MPP, sempat terjadi sedikit permasalahan teknis dengan jaringan sehingga diperlukan tenaga teknisi dari Dinas Kominfo untuk segera menangani jaringan internet. “Internet baik dan lancar. Sebaiknya tambahkan router sebelum switch hitam ini untuk memaksimalkan koneksi dan keamanan jaringan.” Terang Tatag, tenaga teknisi jaringan dari Dinas Kominfo.

Teknisi Pendingin Ruangan saat memeriksa perangkat AC

Saat bersamaan juga, tim teknisi untuk pemeliharaan AC juga datang untuk servis AC yang kemarin sempat terendam oleh air akibat banjir yang melanda MPP. Menurut pantauan, ada terdapat bagian saluran pendingin yang terlepas sehingga perlu mendapatkan penanganan sebelum dioperasikan kembali. “Lagi dalam proses (perbaikan AC, red). Lepas dari dalam di jalur pintu WC.” Ungkap Wanto, salah satu petugas keamanan di MPP.

AC dan jaringan internet merupakan fasilitas pendukung yang wajib mendapatkan prioritas dalam upaya peningkatan layanan publik, karena merupakan hal yang paling utama dan harus terjaga dengan baik mengingat animo masyarakat dalam pelayanan di MPP semakin meningkat sehingga menyebabkan MPP selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk menerima layanan publik.

Pihak Pengelola MPP selalu berkoordinasi dengan beberapa Perangkat Daerah lain dalam operasional MPP. Menyangkut jaringan internet, pengelola MPP dibantu oleh Dinas Kominfo untuk menjamin kelancaran jaringan mengingat pentingnya jaringan internet yang baik untuk pelayanan yang secara online dan terintegrasi secara elektronik. Hampir semua unit pelayanan menggunakan internet dalam aktivitas pelayanannya. Begitu juga untuk fasilitas pendingin ruangan, Pihak Pengelola MPP berkoordinasi dengan Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DPCKTRP) untuk mendatangkan tenaga teknis untuk pemeliharaan AC. (RS)