Buka Pembinaan KSI, Ketua GOW Kabupaten Sanggau: Peran Ibu Sangat Penting Lawan Stunting


SANGGAU – SANGGAU – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pembinaan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) dengan tema Dalam Mewujudkan Keluarga/Perempuan Pintar Cegah Stunting yang dilaksanakan di Aula Desa Pandan Sembuat, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau pada Senin (25/10/21).

Hadir dalam kesempatan tersebut pengurus GOW Kabupaten Sanggau, Tim dari Bidang Pembendayaan Perempuan Dinsos P3AKB Kab. Sanggau, Narasumber dari Dinas Kesehatan Kab. Sanggau Muryanto, S.Km., M.Km, Kepala Desa Pandan Sembuat Yulianus Paulus, Kepala Puskesmas Tayan Hulu dr. Mutiara, Forkompimcam Tayan Hulu serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Pandan Sembuat Yulianus Paulus menyampaikan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik guna memperoleh wawasan untuk menekan angka stunting.

“Saya berharap ibu-ibu yang hadir dapat mengikuti agar mendapatkan informasi dan pengetahuan yang baik tentang bagaimana peran ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan bayi sejak dalam kandungan agar nantinya kita dapat mengurangi angka stunting yang ada,” Ujar Kepala Desa Pandan Sembuat.

Selanjutnya Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot dalam sambutannya berpesan agar para peserta yang hadir yakni para ibu hamil dapat mengimak pembahasan tentang kebutuhan gizi anak bahkan mulai dari masa kehamilan.

“Kegiatan hari ini sangat penting karena sebagai seorang ibu kita harus memperhatikan kebutuhan gizi anaknya mulai dari masa selama masa kehamilan agar ibunya sehat dan juga bayinya nanti saat dilahirkan sehat,” tutur Ny.Yohana Kusbariah Ontot.

Lebih lanjut Ny. Yohana Kusbariah Ontot menegaskan peran ibu sangat penting dalam mengurangi angka stunting dan gizi buruk dengan.

“Ibu-ibu semua perannya sangat penting agar anak kita sehat, tidak gizi buruk, tidak terlambat pertumbuhannya, tidak stunting. Peran seorang ibu sangat besar dalam memperhatikan dan memenuhi kebutuhan gizi anaknya, agar nanti membantu pemerintah dalam mengurangi angka stunting,” ujar Ketua GOW Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan tersebut Ketua GOW Kabupaten Sanggau juga menyerahkan bantuan berupa makanan tambahan bagi ibu hamil serta menunjukan contoh makanan-makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan gizi anak dengan penjelasan langsung oleh narasumber.