Categories: Antaranews

Diskominfo Sanggau Gelar sosialisasi metadata statistik sektoral



Sanggau (ANTARA) – Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto mengatakan setiap aparatur negara dan pemerintah daerah mempunyai kewajiban dan misi diantaranya untuk mengelola data dan menampilkan sebaik mungkin dan termasuk di dalamnya metadata.

“Mengingat pentingnya melakukan metadata statistik sektoral, maka Pemkab Sanggau melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau merasa perlu melakukan sosialisasi tentang metadata statistik sektoral dan di Kabupaten Sanggau telah dibentuk admin Satu Data Indonesia (SDI) Kabupaten, ” ungkapnya saat sosialisasi metadata statistik sektoral di lingkungan Pemkab Sanggau di Aula Bapenda Sanggau, Selasa (27/7/2021).

Adapun para peserta sosialisasi adalah admin satu data Kabupaten Sanggau yang ada di masing-masing perangkat daerah, yang seluruhnya berjumlah 24 orang.

Hadir saat itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, Drs. Paulus Usrin, M.Si, Kepala BPS Provinsi Kalbar Moh. Wahyu Yulianto sekaligus selaku narasumber, Kepala BPS Kabupaten Sanggau, Yanuar Lestariadi, sejumlah Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, serta para admin SDI dari masing-masing SKPD.

Menurut Joni, tujuan dari kegiatan ini adalah; Pertama, melakukan sosialisasi dan menjelaskan fungsi dari metadata statistik sektoral;

Kedua, menambah kompetensi sdm admin sdi kabupaten dalam mengelola data dan menyajikan nya untuk dapat digunakan;

Ketiga, agar informasi publikasi kepada masyarakat, dapat lebih mudah jika diakses.

“Untuk itu, dibutuhkan input data yang berkualitas agar menghasilkan metadata yang berkualitas pula,”ujar dia.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, Drs. Paulus Usrin, M.Si berharap melalui kegiatan ini mampu membangun dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan Satu Data Indonesia Kabupaten Sanggau.

“Berlakunya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, telah memberikan amanat kepada kita bahwa untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, serta dapat dibagipakaikan,” ungkapnya.

Untuk itu kata Paulus, diperlukan perbaikan tata kelola data yang dihasilkan oleh pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia mulai dari daerah sampai ke pusat.

” Peran pengelola statistik sektoral di Kabupaten Sanggau sangat strategis,”ujarnya.

Ditambahkan, dalam upaya untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, maka pemerintah harus mampu menyediakan data dan informasi yang akurat, sebagai dasar perencanaan yang terukur, logis, terpadu atau terintegrasi, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

“Karena dengan data yang akurat dan terukur tersebut akan menghasilkan program dan kebijakan yang akurat yang dapat dioperasionalkan dengan efisien dan efektif. Sehingga dalam rangkaian menciptakan suasana tersebut maka kita harus merubah mindset atau pola pikir, segera menyesuaikan diri untuk terbiasa bekerja berdasarkan data, menyediakan data-data yang benar, baik secara manual maupun berbasis elektronik,” paparnya.

Di sisi lain tambah Paulus, perkembangan teknologi digital sangat memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengakses data, dimana saja dan kapan saja.

“Pemerintah daerah sebagai badan publik harus mampu menampilkan atau menyajikan informasi data yang baik pula dan mampu diakses dengan cepat oleh para penggunanya,” pungkasnya.

 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Tribun Pontianak

Anggota DPRD Sanggau Apresiasi Keberhasilan Polisi Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Sanggau Yeremias Marsilinus mengapresiasi dengan jajaran Polres Sanggau yang berhasil mengungkap kasus tindak pidana narkotika di Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, kemarin. "Tentunya kita sangat apresiasi…

2 jam lalu
  • Tribun Pontianak

Sat Res Narkoba Polres Sanggau Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika, Dua Terduga Pelaku Diamankan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU- Sat Resnarkoba Polres Sanggau mengungkap kasus tindak pidana narkotika di Dusun Serambai Desa Tanjung merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, kemarin. Sebanyak dua terduga pelaku inisial AFS dan AR juga diamankan. Kapolres…

2 jam lalu
  • Kalimantan Today

Ini Daftar Nama-nama yang Bakal Mengembalikan Berkas Pendaftaran di PDIP Sanggau – Kalimantan Today

  Foto—-Daftar nama dan waktu pengembalian berkas formulir pendaftaran di PDIP Sanggau—ist   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sejumlah nama tokoh dan politisi telah mengambil formulir di Sekretariat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sanggau untuk maju sebagai…

4 jam lalu
  • Tribun Pontianak

Kalbar Populer Hari Ini: Puluhan Ruko Pasar Bodok Terbakar, Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Kecelakaan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KALBAR - Berikut berita Kalbar Populer hari ini Minggu 28 April 2024 dimulai dari Puluhan Ruko di pasar bodok Sanggau Terbakar, Ini Kronologisnya. Kedua, Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Alami Kecelakaan di Kabupaten Sintang. Ketiga, Kades Sepantai Kabupaten…

22 jam lalu