Wabup Sanggau Berharap Agar Masyarakat Lebih Memahami Lagi Tentang Hak Dan Kewajiban Dalam Memberikan Hak Pilih

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si membuka kegiatan penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Sanggau, yang dilaksanakan di Desa Bereng Bekawat, Kecamatan Beduai. Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau, Kamis (8/7/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, Camat Beduai Miko Martoyo, Forkompimcam, perwakilan dari KPU dan Bawaslu selaku narasumber, Kades Bereng Bekawat Agus Rahmaddani dan peserta penyuluhan dari masyarakat Bereng Bekawat.

Usai membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot ketika diwawancarai menyampaikan dengan melalui kegiatan penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik ini kita berharap pemahaman masyarakat tentang partisipasi politik terutama di Desa Bereng Bekawat ini lebih baik lagi.

“Terhadap bagaimana mereka lebih memahami untuk memberikan hak pilihnya, baik dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan gubernur dan wakil gubenur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati,” jelas Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Kalau kita lihat di data yang sudah ada, lanjut Wabup Yohanes Ontot yang dimana terlihat turun tingkat partisipasi politik di masyarakat.

“Nah, ini yang perlu kita cari tahu apakah mereka (masyarakat) ini pada dasarnya memang belum paham terkait dengan seharusnya mereka memberikan hak pilihnya ketika pada waktunya di adakan kontestasi politik,” ujarnya.

Tentu dengan adanya penyuluhan partisipasi politik ini, lanjut dia, berharap agar mereka (masyarakat) lebih memahami lagi tentang hak dan kewajiban mereka dalam memberikan hak pilihnya.

“Dan nanti kita berharap dengan adanya narasumber dari KPU dan Bawaslu ini untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat agar mereka lebih memahami tentang hak dan kewajiban dia sebagai warga negara untuk memberikan hak pilih dan hak untuk dipilih. Harapan kita juga mereka tentu menjadi corong untuk menjelaskan kepada masyarakat yang lain, baik tetangganya dan keluarganya agar lebih berpartisipasi dalam hal pemberian hak suara,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius menyampaikan bahwa kita ingin dengan adanya kegiatan ini tentu kita berharap nanti kedepan terutama dalam kegiatan pemilu di tahun 2024 mendatang agar masyarakat bisa lebih berpartisipasi dalam hal pemberian suara.

“Karena tadi sudah disampaikan bahwa dari kegiatan pemilu yang sudah-sudah ternyata belum memenuhi harapan kita. Dan kita ingin tingkat partisipasi ataupun tingkat kesadaran mereka (masyarakat) bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan kita ini harapannya agar masyarakat lebih tergugah hatinya untuk ikut bertanggungjawab dalam memberikan dan menentukan yang menjadi seorang pemimpin yang sesuai dengan hati nurani mereka,” kata Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Antonius.

Penulis         : Alfian