Wujudkan Program Langit Biru, Danrem 121/Abw Tanam Pohon di Sanggau


  • Selasa, 1 Desember 2020
  • 12:13 WIB
  • Wujudkan Program Langit Biru, Danrem 121/Abw Tanam Pohon di Sanggau

    Wujudkan Program Langit Biru, Danrem 121/Abw Tanam Pohon di Sanggau

    //DISKOMINFO-SGU//

    SANGGAU- Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si mendampingi Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny bersama Kapoksahli Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Ita Jayadi, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcabrem 121 PD XII Tanjungpura Rissa Rony menanam pohon di Kompleks Projal, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Selasa (1/12/2020). Penanaman pohon dalam rangka mewujudkan Program Langit Biru.

    Selain itu hadir juga Dandim 1204/ Sanggau, Letkol Inf Affiansyah, Kapolres Sanggau AKBP. Raymond M. Masengi, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus, Kepala Bank BRI Cabang Sanggau, Eko Hary Wijayanto dan undangan lainya.

    Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny menyampaikan bahwa program penanaman pohon dalam rangka langit biru menuju langit tanpa asap di Kalbar merupakan program dari Kodam XII/Tpr.

    “Kita melaksanakan dengan menanam pohon bibit kopi Liberika. Dan saat ini sudah tertanam antara lain di Desa Menukung, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi dan Desa Sungai Nanjung, Kabupaten Ketapang dan ditempat-tempat lain sudah di tanam,” katanya.

    “Itu adalah pembibitan yang dilakukan di Sosok (Kecamatan Tayan Hulu) oleh Pak Dedy Ruslie diserahkan ke Korem sebanyak 100 ribu pohon bibit. Antara lain kita juga berkerjasama dengan Organisasi Yayasan Gunung Saran, sudah menanam 11.600 di Desa Manukung. Itu diserahkan secara cuma-cuma untuk masyarakat ditanam, diharapkan mereka memeliharanya,” tambahnya.

    Karena, lanjut Danrem, pohon kopi liberika ini komoditas yang cocok untuk ditanam dilahan gambut dan didaerah tropis seperti Kalbar.

    “Tapi pohon yang lain juga kita menanam yang sudah langka di Kalbar, seperti pohon belian, mengkirai dan sebagainya. Jadi hari ini adalah penyerahan secara simbolis dan resmi dari Pak Dedy Ruslie kepada saya selaku Danrem, mewakili dari Kodam Pak Brigjen TNI Ita Jayadi untuk selanjutnya kita serahkan kepada masyarakat untuk ditanam,” ujarnya.

    Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menambahkan bahwa secara pribadi dirinya juga sudah menanam kopi. Mudah-mudahan nanti diikuti oleh masyarakat dan kita di Sanggau harus punya kopi yang banyak. Karena bibit kopi ini tidak juga mudah didapat.

    “Tadi melalui Pak Danrem kita dibantu melalui pak Dedy yang memiliki pembibitan kopi, ada 100 ribu bibit yang dibantu. Ini menjadi sesuatu yang istimewa karena memang bibit kopi ini sangat cocok di daerah kita,”katanya.

    Bupati Sanggau juga menjelaskan bahwa selama ini kita punya warung-warung kopi yang kopinya juga berasal dari luar. Mudah-mudahan kedepan kopi bisa berasal dari yang kita tanam.

    “Dan ini mendukung program langit biru dari Bapak Pangdam dan Danrem. Semoga ini lancar dan semakin banyak kebun kopi di Sanggau,” pungkasnya.

    Usai penanaman pohon, Danrem dan Kapoksahli Kodam XII/Tpr juga menyempatkan diri untuk bermain Golf bersama Forkompimda Sanggau di lapangan Golf Projal, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.




    Like it? Share with your friends!