Workshop Start Up Program READSI Tahun Anggaran 2019


  • Senin, 29 Juli 2019
  • 18:17 WIB
  • Workshop Start Up Program READSI Tahun Anggaran 2019

    //DISKOMINFO-SGU//

    Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sanggau mengadakan Workshop Start Up Program Rural Empowerment and Agriculture Development Scalling Up Intiative (READ-SI) Tingkat Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2019 yang berlangsung di aula lantai satu kantor Bupati Sanggau (29/07/2019) 10:00 WIB.

    Hadir pada pelaksaaan itu Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si, Kepala DKPTPHP Kab.Sanggau , Ir.H.John Hendri, M.Si, Narasumber Bayu Rahmawan.

    Program READ-SI merupakan salah satu dari program kementrian Pertanian untuk mendukung terwujudnya Visi Pembangunan Pertanian yakni tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatklan kesejahteraan petani.

    Workshop Star Up program READ-SI yang dihadiri Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si ini bertujuan mengaplikasikan Program READSI yang di fokuskan Pada Pertanian agar tercipta kesepahaman dan mensinergikan pelaksanaan Program tersebut di Kabupaten Sanggau.

    Bupati Sanggau mengatakan Program READSI akan berlangsung pada tahun ini dalam rangka meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Sanggau. Oleh karena itu Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan harus menanggapi secara cepat Program ini untuk dikoordinasikan dengan Camat dan kepala Desa untuk di sosialisasikan program READSI kepada Masyarakat.

    Sambutan Bupati Sanggau dalam sambutnnya menyampaikan  terima kasih kepada kepala pusat penyuluhan pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta READ-SI pusat dan tim READ-SI Provinsi Kalimantan Barat yang bersedia hadir pada pertemuan hari ini.

    sebagai tindak lanjut dari program READ-SI yang telah dilaksanakan selama 3 tahun ini mudah-mudahan dengan adanya program ini dapat secara bersama-sama untuk melakukan pendampingan Sinergi terukur dan berkelanjutan pada kawasan cepat tumbuh dan Tertinggal.

    Tetapi kita juga menyadari dalam pelaksanaan pendampingan terhadap masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap petani ke arah yang lebih baik bukanlah suatu hal yang mudah sehingga diperlukan usaha yang sungguh-sungguh serta strategi untuk metode yang tepat yang menjadi penentu keberhasilan sehingga sangat diperlukan koordinasi dan sinkronisasi mengingat kegiatan ini melibatkan pelaksana dimulai dari tingkat desa Kecamatan,Kabupaten, Provinsi dan sampai ke tingkat Kementrian.

    Program READ-SI  yang bertujuan jangka panjangnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Tani miskin di wilayah lokasi program READ-SI yang pelaksanaannya untuk di Kab.Sanggau dilaksanakan di 3 Kecamatan perbatasan yaitu Kecamatan Entikong, Sekayam dan Beduai, sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau nomor 7 yaitu”pengembangan ketahanan pangan keluarga melalui diversifikasi usaha pertanian perkebunan dan peternakan yang berbasis rumah” dan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau nomor 11 yaitu “mempercepat pembangunan wilayah perbatasan yang kepada masyarakat dalam upaya kita meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat”, pada umumnya dan masyarakat Kecamatan Entikong, Sekayam dan Beduai khususnya.

    Dengan dengan ditunjuknya Kabupaten Sanggau beserta Kabupaten Sambas sebagai pelaksana program READ-SI tentunya menjadi pendorong bagi kami untuk lebih meningkatkan usaha yang lebih konkrit lagi dalam meningkatkan pendampingan dalam hal ini penyuluhan terutama di sektor pertanian dan perkebunan mengingat sebagian besar mata pencaharian masyarakat Kabupaten Sanggau adalah pertanian pertanian pangan dan perkebunan.”Tegasnya.




    Like it? Share with your friends!