Uskup Mencuccini Tahbiskan Dua Pastor Baru di Sanggau


  • Jumat, 5 Maret 2021
  • 09:00 WIB
  • Uskup Mencuccini Tahbiskan Dua Pastor Baru di Sanggau

    SANGGAU, RUAI.TV – Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Guilio Mencuccini, CP, menahbiskan dua pastor baru di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Kamis, (4/03/2021).

    Sebagaimana umumnya dalam tradisi Gereja Katolik Roma, calon pastor yang telah menempuh pendidikan khusus di seminari hampir sepuluh tahun lamanya (disebut frater), terlebih dahulu menerima pentahbisan sebagai diakon.

    Baca juga: Uskup Agung Pontianak Tahbiskan Dua Pastor di Paroki Samalantan

    Setelah menjadi diakon dan berkarya beberapa waktu, pimpinan akan menilai kelayakannya untuk menerima karunia Sakramen Imamat sebagai seorang pastor, melalui pentahbisan oleh uskup.

    Kedua orang diakon yang menerima pentahbisan ini, Vincentius Meji Pr berasal dari Paroki Bonti dan Hiasintus Eko Pompang Pr berasal dari Paroki Lintang Kapuas.

    Baca juga: Uskup Sanggau Resmikan Gereja yang ke-992

    Mgr Mencuccini, didampingi sejumlah pastor, menahbiskan kedua pastor baru disaksikan perwakilan keluarga, bupati dan wakil bupati, sejumlah anggota DPRD, dan beberapa umat Katolik setempat.

    Dalam kotbahnya, Uskup Mencuccini menegaskan kepada dua orang pastor baru, agar menjadi gembala atau pelayan umat Tuhan yang taat dan sejati seumur hidup.

    Baca juga: Uskup Agung Pontianak Raih “Inspiring Profesional Award”

    “Saya yakin kalian berdua pasti bisa,” ucap Uskup Mencuccini.

    Saat diberi kesempatan berbicara di mimbar setelah pentahbisan, Pastor Vincentius Meji mengajak orang muda Katolik agar mau memotivasi diri untuk melayani Tuhan melalui jalan panggilan seperti yang mereka tempuh.

    Baca juga: Baru Akan Dirikan Gereja, Umat Katolik Kedakas Ibadah di Kantor Desa

    “Jangan takut untuk melayani Tuhan, sebagai seorang imam atau pastor, atau bagi para pemudi, dengan menjadi suster,” ucap Vincentius Meji. (BOB)


    Like it? Share with your friends!