Training of Trainer (ToT) Aplikasi Desa Melawan Covid (eDMC) dan Aplikasi Human Development Worker (eHDW) di Gedung Pertemuan Kecamatan Kembayan


  • Senin, 6 Juli 2020
  • 20:47 WIB
  • Training of Trainer (ToT) Aplikasi Desa Melawan Covid (eDMC) dan Aplikasi Human Development Worker (eHDW) di Gedung Pertemuan Kecamatan Kembayan

    DISPEMDES KAB. SANGGAU- Kegiatan ToT yang diikuti oleh 17 (tujuh belas) orang TPP-P3MD Klaster 1 (Kec.Entikong, Sekayam, Noyan, Beduai dan Kembayan) dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Kantor Camat Kembayan, Senin (6/7/2020).

    Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan peningkatan kapasitas bagi operator desa eDMC yang ditunjuk dan eHDW untuk KPM Desa.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Pemberdayaan Desa DPM Pemdes Sanggau, Albert D. Sihotang, S.Km., M.Km., Sekretaris Kecamatan Kembayan, Kristina, S.IP., dan sebagai trainer yaitu Yudi Zulkarnain, S.Hut., yang juga adalah Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TA.TTG) Kabupaten Sanggau.

    Tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19

    Kegiatan dimulai dengan sosialisasi maksud dan tujuan eDMC yaitu aplikasi ponsel yang memudahkan pengumpulan data secara real-time. Data-data tersebut dapat diakses oleh pemerintah desa, pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk pengambilan kebijakan terkait pencegahan dan penanganan COVID-19 di daerah.

    Sedangkan terhadap eHDW, aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian desa atas dukungan Bank Dunia. Aplikasi ini diperuntukkan bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam membantu tugas KPM dalam memantau program konvergensi pencegahan stunting di Indonesia.

    Selain itu Kabid Pemberdayaan Desa, Albert D. Sihotang, S.Km., M.Km., juga menambahkan bahwa, bagi OPD Kabupaten aplikasi ini berfungsi untuk memantau perkembangan program, melakukan evaluasi, serta perencanaan program pencegahan stunting untuk tingkat kabupaten serta berkontribusi terhadap capaian nasional.

    Hal itu disebabkan selain aplikasi eHDW yang berbasis smartphone, eHDW juga menyediakan dashboard berbasis website yang dapat diakses oleh OPD terkait. Dashboard kabupaten akan menyajikan status yang sudah dicapai melalui program konvergensi untuk tingkat kabupaten.

    Kegiatan ToT Aplikasi ini akan kembali berlanjut 2 sesi berikutnya bagi TPP-P3MD Sanggau pada tanggal 07 Juli 2020 di Klaster 2 (Tayan Hilir, Meliau, Toba, Balai dan Tayan Hilir) dan berikutnya pada tanggal 09 Juli 2020 di Klaster 3 (Kapuas, Mukok, Bonti, Parindu dan Jangkang).