SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT Di Disdukcapil Kab. Sanggau Tahun 2020


  • Selasa, 23 Juni 2020
  • 12:00 WIB
  • SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT Di Disdukcapil Kab. Sanggau Tahun 2020

    DISDUKCAPIL
    NEWS
    Dengan
    memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang  Maha  Esa yang
    telah memberikan karunia-Nya,sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan
    Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Dinas Kependudukan dan Pencatatan
    Kabupaten  Sanggau Tahun 2020

    Dalam
    laporan ini  disampaikan tentang langkah-langkah  penyusunan Indeks
    Kepuasan  Masyarakat yang meliputi persiapan, pengumpulan 
    data,   pengolahan dan  analisis data,   serta
    penyusunan  laporan hasil survei kepuasan masyarakat sebagaimana telah
    diamanatkan  oleh Permen PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman
    Penyelenggaraan dan Pelayanan Publik.

    Kami
    mengucapkan terimakasih atas dukungansemua pihak dan Tim Penyusunan 
    Laporan Hasil   Survei  Kepuasan Masyarakat  yang 
    telah banyak membantu hingga tersusunnya laporan ini.

    Disadari
    bahwa  dalam penyusunan laporan ini masih banyak dijumpai kekurangan
    dan  kekhilafan.Hal ini karena keterbatasan kami,untuk itu kritik dan
    saran yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk perbaikan dimasa yang
    akan datang.Akhirnya harapan kami  semoga laporan ini dapat
    bermanfaat   bagi masyarakat,khususnya Dinas Kependudukan dan
    Pencatatan Sipil Kabupaten Sanggau
    sebagai penyedia layanan public
    dalam memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan.

    Lampiran
    kesimpulan dan Nilai dari Kepuasan masyarakat Tahun 2020 :

    Tahapan Survey dilakukan sebagai
    berikut:

    • PERSIAPAN
    • PENGUMPULAN  DATA
    • PENGOLAHAN  DAN
      ANALISIS  DATA
    • PENYUSUNAN LAPORAN

    BAB 
    III

    KESIMPULAN DAN 
    REKOMENDASI

    4.1 
    Kesimpulan

    a. Secara
    umum  kualitas  pelayanan  pada    
    Dinas   Kependudukan dan Pencatatan Sipil       
              dipersepsikan Baik oleh masyarakat
    penggunanya.Hal ini terlihat  dari   Indeks Kepuasan Masyarakat
    (IKM) yang diperoleh yaitu berkisardi  antara  76,61-88,30.
    Nilai  IKM yang diperoleh yaitu : pada 9 unsur Pelayanan= 83,25

    b. Unsur
    pelayanan  yang  dianggap  paling  memuaskan  
    oleh  responden  adalah

    Kesesuaian
    Biaya Pelayanan(3,275)

    c. Dari 9
    unsur  pelayanan,3( Tiga ) unsur   yang  memiliki NRR 
    terendah  adalah

    1. a. Kecepatanpelayanan(3,155)
    2. b. Persyaratan pelayanan(3,169
      )
    3. c. prosedur pelayanan ( 3,264)

    d. Hal-hal
    yang di    mungkinkan  dapat  mempengaruhi 
    scoring pelanggan   dalam pengisian:

    ?- Kondisi  pelayanan:jumlah
    antrian  dan kondisi  jaringan  apakah sedang berfungsi dengan
    baik

    Atau  
    sedang   mati;

    ?- Kondisi 
    nasional    ketersediaan blangko KTP-el yang belum bisa memenuhi
    seluruh                   
            permohonan masyarakat;

    ?- Pemahaman  
    masyarakat   pengguna   layanan   tentang  
    prosedur pelayanan  maupun persyaratan yang  dibutuhkan dalam
    mendapatkan layanan kependudukan.

    4.2  
     Rekomendasi

    1. a. Perlu upaya untuk
      mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah baik.
    2. b. Perlu upaya peningkatan
      sosialisasi  kepada  masyarakat  tentang

    persyaratan
    dan prosedur pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan metode
    simulasi.

    1. Tim menyarankan kepada petugas
      pelayanan Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil lebih meningkatkan
      kedisiplinan dengan mentaati ketentuan jam kerja pelayanan serta melayani
      pemohon sesuai dengan nomor antrian yang telah  ada.
    2.  Agar unit pelayanan pada
      Dinas  Kependudukan  dan  Pencatatan  Sipil dapat
      meningkatkan  mutu

    pelayanan
    dengan penyediaan sumber daya manusia yang berkompeten dan sarana prasarana yang
    memadai.

    KUESIONER

    SURVEI
    KEPUASAN MASYARAKAT DINAS KEPENDUDUKAN  DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN
    SANGGAU

    TAHUN 2020

    LAMPIRAN

    Demikian
    disampaikan SKM kepada masyarakat Untuk dapat diketahui secara Umum


    Like it? Share with your friends!