SOSIALISASI KEGIATAN PENILAIAN INDEKS INOVASI DAERAH DAN PEMBERIAN PENGHARGAAN INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) TAHUN 2020


  • Rabu, 12 Agustus 2020
  • 15:02 WIB
  • SOSIALISASI KEGIATAN PENILAIAN INDEKS INOVASI DAERAH DAN PEMBERIAN PENGHARGAAN INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) TAHUN 2020

    Pada hari Kamis tanggal 06 Agustus 2020 Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Bappeda Kab. Sanggau melaksanakan sosialisasi Kegiatan Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Bappeda Kab. Sanggau. Kegiatan Sosialisasi mengambil tema “ INOVASI DAN PEMETAAN DAYA SAING DAERAH UNTUK SANGGAU MAJU DAN TERDEPAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT “.

    Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan dengan dasar Disposisi Bupati Sanggau tanggal 10 Juni 2020 terkait surat dari Menteri Dalam Negeri Nomor: 002.6/2866/SJ tanggal 14 April 2020 perihal Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 dan Radiogram dari Menteri Dalam Negeri Nomor: 002.6/3301/SJ, tanggal 29 Mei 2020 perihal Penilaian Inovasi Daerah Tahun 2020.

     

    Tujuan dilaksanakannya sosialisasi adalah :

    1. Memberikan penjelasan    kepada Perangkat Daerah di Kabupaten Sanggau tentang pelaksanaan kegiatan  Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020;
    2. Memotivasi seluruh    Perangkat  Daerah di Kabupaten Sanggau untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat; dan
    3. Memetakan seluruh   inovasi   yang dihasilkan Perangkat Daerah di Kabupaten Sanggau untuk dilombakan dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah tahun 2020.

     

    Kegiatan Sosialisasi Inovasi Daerah ini diikuti oleh Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau dan dipimpin oleh Ibu Ir. Yulia Theresia selaku Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau sedangkan materi sosialisasi disampaikan oleh Bapak Agun Sugiarto, S.AP selaku Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Sanggau.

    Dalam arahannya Kepala Bappeda Kab. Sanggau mengharapkan agar seluruh OPD yang ada di Kabupaten Sanggau dapat berpartisipasi dalam kegiatan Penilaian Indeks Inovasi Daerah ini minimal 1 OPD 1 inovasi baik Inovasi dalam bentuk Tata kelola Pemerintahan, Pelayanan Publik maupun inovasi bentuk lainnya. Sesuai dengan salah satu pesan penting dari Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia tentang Inovasi Indonesia Maju, “Harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan, Inovasi adalah Budaya”.

    Paparan materi sosialisasi oleh Kabid Ekonomi dan Litbang, selain tentang Indeks Inovasi Daerah (IIDA) dan Innovative Government Award (IGA) juga disampaikan materi tentang Puja Indah (Pusat Jejaring Inovasi Daerah), Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD).

    Dengan pelaksanaan sosialisasi tentang inovasi daerah ini, para peserta sangat antusias dan berharap kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan menyarankan  perlunya proses pendampingan oleh Bappeda kesetiap OPD yang ada  terutama dalam hal penyusunan proposal dan penginputan data inovasi daerah.




    Like it? Share with your friends!