Setahun Rusak, Jembatan Dusun Sejata di Kabupaten Sanggau


  • Kamis, 4 Maret 2021
  • 12:00 WIB
  • Setahun Rusak, Jembatan Dusun Sejata di Kabupaten Sanggau

    SANGGAU, RUAI.TV – Jembatan di lintas utama warga Dusun Sejata, Desa Inggis di Kecamatan Mukok, kini rusak. Warga setempat mendambakan perbaikan jembatan, agar memperlancar konektivitas masyarakat.

    Dusun itu berada di Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau. Seorang warga Dusun Sejata, Akiong, kepada ruai.tv, Rabu (03/03/2021) mengatakan, aktivitas para pelintas sangat terkendala akibat rusaknya jembatan ini.

    Baca juga: 31 Tenaga Honorer di Sanggau Akhirnya Terima SK

    “Rasanya sudah setahun ini jembatan rusak. Tapi dalam bulan ini yang paling parah. Saya harap, pemerintah cepatlah bikinnya,”ucap Akiong.

    Kepala Dusun Sejata, Alexander Anyan, mengatakan, ke depannya jembatan ini memiliki nilai strategis karena bisa jadi jalur alternatif penghubung dua kabupaten, yakni Sekadau dengan Sanggau.

    “Kalau mau ke Sekadau ke Nanga Taman, Rambing, dan Diang, lewat sini. Selama ini, ya mau tidak mau lah dilewati saja dengan kondisi yang rusak begini,” kaya Anyan.

    Baca juga: Sederhana, Perayaan Cap Go Meh di Sanggau

    Merespon kondisi ini, pemerintah kabupaten merencanakan pembangunan jembatan darurat. Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kabupaten Sanggau, John Hendri, melakukan peninjauan kondisi jembatan itu, Rabu lalu.

    “Kami akan segera membangun jembatan darurat di sini. Terlebih dulu harus mengukur dan menghitung rapat tiang, dan beberapa gelejar lantai jadi hitungan juga. Secara teknis kami buat rancangan anggaran biaya dulu,” kata John.

    Dia berharap secepatnya jembatan darurat ini bisa terealisasi. Apalagi saat ini APBD Kabupaten sedang dalam tahap penyempurnaan, dan pemerintah pusat sudah meminta daerah melakukan re-focusing anggaran ke sektor infrastruktur.

    Baca juga: Dialog Kedaerahan Mahasiswa Sanggau, Hadirkan Presenter Ruai TV dan Akademisi

    Kepala Desa Inggis, Sunardi, mengapresiasi respon pemerintah kabupaten. Dia mengatakan, jembatan ini menjadi sangat vital karena menjadi penghubung antar beberapa daerah. Dusun Sejata terkoneksi melalui jalur ini ke Dusun Sepona, Desa Biang di Kecamatan Kapuas.

    “Jembatan ini kebutuhan beberapa desa yang melintas di sini. Kami harap segera diperbaiki, karena sangat menunjang perekonomian mayarakat di sini,” kata Sunardi. (BOB)


    Like it? Share with your friends!