Sekda Sanggau Resmikan GPIB Maranatha Sanggau Pos Pelkes Kharisma Mundun, Ini Pesannya


  • Minggu, 28 Maret 2021
  • 21:35 WIB
  • Sekda Sanggau Resmikan GPIB Maranatha Sanggau Pos Pelkes Kharisma Mundun, Ini Pesannya

    Sekda Sanggau Resmikan GPIB Maranatha Sanggau Pos Pelkes Kharisma Mundun, Ini Pesannya

    SANGGAU – Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM didampingi oleh istri yang sekaligus sebagai ketua DWP Kabupaten Sanggau Ny. Cristiana Sri Kusumastuti Kukuh Meresmikan GPIB Maranatha Sanggau Pos Pelkes Kharisma Mundun pada minggu sore di Dusun Mundun Desa Palem Jaya Kecamatan Parindu (28/03/2021).

    Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dimana setiap yang hadir dalam acara tersebut diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan serta diatur jarak tempat duduk antara satu dan lainnya.

    Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Camat Parindu yang diwakili oleh Sekcam Parindu Lorensius Yoka, forkopimcam Kecamatan Parindu, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

    Sekretaris Daerah beserta tamu undangan lainnya disambut dengan tarian kemudian Sekda Sanggau melakukan ritual adat pancung buluh muda dan pengguntingan pita sebelum melakukan ibadah dilakukan juga doa pentahbisan dan pembukaan pintu gereja yang dilakukan secara simbolis oleh Pdt. Hendra Purba, M. Si Teol.

    Dalam laporannya Petrus sebagai ketua panitia menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan serta ungkapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau atas dukungan dan perhatian yang telah diberikan dan juga kepada seluruh jemaat yang secara swadaya dan bergotong-royong bersama dengan panitia sehingga dana yang diperlukan dapat tercukupi.

    “Saya awalnya merasa kurang optimis karena melihat dana yang dibutuhkan dalam pembangunan gereja ini cukup besar, tapi berkat dukungan doa serta material dan dana serta juga kekompakan jemaat dengan panitia dalam melakukan upaya-upaya swadaya jemaat baik usaha dana, kotak pembangunan, serta donatur maupun usaha dana lainnya dan juga berkat perhatian dari Pemerintah Daerah melalui dana hibah maka berdirilah gedung gereja ini”, tutur Petrus.

    “Bangunan ini berdiri dengan total dana yang dibutuhkan kurang lebih sekitar Rp. 306 Juta serta dengan luas bangunan 197 m² dan luas tanah 633 m². Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, kepada para donatur serta bantuan juga dari gereja induk GPIB dan sekali lagi kepada Jemaat yang ada di tempat ini”, tambahnya.

    Selanjutnya Bupati Sanggau Paolus Hadi, S. IP., M.Si yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau dalam sambutannya menyampaikan selamat karena telah diresmikannya gedung gereja GPIB Maranatha Sanggau Pos Pelkes Kharisma Mundun ini dan berpesan agar jemaat yang ada di gereja tersebut agar ada rasa memiliki sehingga dapat menjaga dan merawat serta berpesan untuk tidak hanya membangun gereja yang merupakan fisik bangunan saja tetapi juga membangun persekutuan dan imam jemaat yang ada sehingga dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mendorong pembangunan SDM yang ada.

    “Saya ucapkan selamat atas diresmikan dan telah ditahbiskan gedung gereja ini. Pemerintah Daerah tentu memperhatikan dan mendukung pembangunan rumah ibadah apalagi jemaat tadi juga ikut ambil bagian dalam pembangunannya. Hal tersebut akan menimbulkan rasa memiliki sehingga pasti akan dirawat dan dijaga fisik bagunan gereja ini dan tentunya harapan saya juga harus membangun persekutuan dan meningkatkan iman jemaat yang ada di tempat ini agar mendorong pembangunan SDM khususnya di Kabupaten Sanggau ini”, tutur Sekda Sanggau.

    Kemudian Sekda Sanggau berpesan sekaligus mengajak seluruh jemaat yang hadir khususnya dan kepada seluruh masyarakat Sanggau umumnya agar dapat terus menjaga kedamaian dan kekompakan di setiap unsur masyarakat sehingga menciptakan sutuasi dan kondisi yang aman dan kondusif sehingga dapat menghindari kekacauan atau hal-hal lain yang tidak kita inginkan.

    “Saya ucapkan terimakasih kepada Gereja sekitar yang hadir serta dari unsur perwakilan agama lainnya yang telah hadir. Saya mengucap syukur kondisi kedamaian dan kekompakan kita masyarakat di Sanggau ini terjalin kompak dan harmonis. Tentu hal ini harus tetap kita pertahankan dan terus kita pupuk agar kita mampu bersama-sama menciptakan situasi kondisi yang terhindar dari kekacauan atau hal-hal lain yang tidak kita inginkan”, ujarnya.

    Di akhir sambutannya Sekda Sanggau menyampaikan agar di masa pandemi covid-19 agar jemaat untuk tetap ketat melaksanakan protokol kesehatan

    Saat ini memang situasi kita masih dalam pandemi Covid-19 yang saat ini kita masih di zona kuning dan semoga zona-nya bisa segera hijau. Hari ini kita peresmian sudah prokes, inilah situasi kondisi kita dengan gaya hidup baru ini agar tetap konsisten jangan sampai kendor. Kita udah sebagian vaksinasi dan nanti yang lain menyusul dan tentu kita berharap masa pandemi ini segera berakhir, tuturnya.

    Setelah sambutannya Sekda Sanggau beserta Ketua II BP Mupel Kalbar Pdt. Hendra Purba, M. Si Teol melakukan penandatanganan batu/prasasti peresmian gereja kemudian dilakukan foto bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah.




    Like it? Share with your friends!