Sebanyak 6 Imam Kapusin Ditahbiskan Uskup Sanggau


  • Kamis, 20 Februari 2020
  • 16:00 WIB
  • Sebanyak 6 Imam Kapusin Ditahbiskan Uskup Sanggau

    Sebanyak 6 Imam Kapusin Ditahbiskan Uskup Sanggau

    Sanggau – Sebanyak 6 (Enam) Imam Kapusin Ditahbiskan oleh Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini, CP di Paroki Pusat Damai Kecamatan Parindu, Kamis (20/2/2020) pagi.

    Prosesi tahbisan di sambut luar biasa, lebih dari 4000 an umat hadir dalam kesempatan tersebut dengan penuh sukacita.

    Ketua Panitia Pentahbisan Imam, Raymundus, S.Pd melaporkan bahwa terlaksananya kegiatan ini berkat dukungan dari berbagai pihak, baik dukungan moril maupun pendanaan, untuk itu selaku mewakili kepanitiaan dirinya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.
    “terimakasih kepada pihak Keuskupan Sanggau, Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, Para Donatur, Pastor Paroki Pusat Damai serta kepada seluruh umat Katolik di Paroki Pusat Damai Kecamatan Parindu” ucapnya.

    Minister Provinsial Kapusin Pontianak, Pastor Hermanus Mayong, OFMCap dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada orang tua ke 6 imam yang telah merestui putranya, tentu kalau mereka menjadi Pastor yang baik pastilah mereka terus mendoakan orang tua pada setiap kali dari perayaan ekaristi dan itu merupakan rahmat yang paling besar kepada orang tuatua, jelasnya.

    Berikut penempatan kepada ke 6 imam yang sudah ditahbiskan, Pastor Anselmus Dodi, OFMCap ditugaskan di Paroki Pangkalan Bun Keuskupan Palangkaraya Kalteng, Pastor Athanasius, OFMCap ditugaskan di Paroki Salib Suci Ngabang Keuskupan Agung Pontianak, Pastor Valentinus Wiro, OFMCap ditugaskan di Paroki Kuala Dua Keuskupan Sanggau, Pastor Diego Viktoranus, OFMCap ditugaskan di Biara Laverna Sanggau, Pastor Yakobus Joko, OFMCap ditugaskan di Paroki St. Yohanes Pemandi Pahauman Keuskupan Agung Pontianak, dan Pastor Frederik, OFMCap ditugaskan di Persekolahan Nyarumkop.

    Pesan kepada ke 6 imam, jadilah imam/saudara Kapusin yang bahagia, tanda yang sederhana menjadi orang yang bahagia jangan jadi Pastor yang tomata, harus lebih sering senyum sebab senyum itu tidak ada modalnya dan orang bijak mengatakan senyum adalah obat. Selanjutnya selain menjadi imam yang bahagia, jadilah tanda ukur dalam gereja sehingga hidup dalam kekudusan dan setia dalam pelayanan.
    “Ketika mengalami kesulitan dalam hidup dan pelayanan, ingatlah apa yang dikatakan orang bijak, bukan kesulitan yang membuat orang takut tetapi ketakutan yang membuat orang sulit, maka jangan pernah mencoba untuk menyerah tetapi jangan pernah menyerah untuk mencoba, jangan takut katakan kepada Tuhan kalau kita punya masalah dan katakan kepada masalah kita punya Tuhan sumber segalanya”Jelasnya.

    Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini dalam renungan yang disampaikannya berharap agar umat terus mendoakan Anak-anak mereka supaya generasi muda ada yang terpanggil menjadi imam kedepannya, sebab 370 ribu lebih umat Katolik di Keuskupan Sanggau (Sanggau-Sekadau) hanya di layani 50 orang imam saja. Maka hendaklah kita berbordoa bersama, meminta agar ada lagi dari generasi muda yang mau menjadi imam, pelayanan iman gembala umat.

    Disamping itu, Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau mengucapkan selamat kepada orang tua dan ke 6 imam yang sudah di tahbiskan oleh Uskup Sanggau, selamat berkarya dalam imam menjadi pelayan Tuhan, menuntun umat dalam imam dan hidup dalam kebaikan.

    Terkait hal itu, pemerintah daerah menyambut baik terhadap tahbisan tersebut, semoga dengan bertambahnya imam di keuskupan sanggau, pemerintah daerah Kabupaten Sanggau bersama seluruh pemimpin agama yang ada dapat membina keimanan masyarakat/umat semakin baik agar Sanggau Berbudaya dan Beriman (Budiman) dapat berjalan baik adanya.

    Pesan untuk kita bersama, mari kita tolak paham radikalisme, terorisme dan jauhi narkoba sebab kesemuanya itu dapat merusak tatanan kehidupan kita yang baik adanya saat ini.
    “selamat bertugas kepada ke 6 imam/Pastor, setia dan taatlah terhadap panggilan, terus berkarya sampai batas usia”harap Wakil Bupati Sanggau.

    Hadir juga dalam tahbisan imam, Uskup Emeritus Mgr. Hieronimus Bumbun, Pastor Paroki dan para Pastor undangan, Bruder, Suster, Biarawan/Biarawati, Ketua DPRD Jumadi, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Yance, S.Kom, Anggota DPRD Susana Herpena, Krismono dan Rosni, Ketua TP PKK Kab. Sanggau Arita Apolina, S. Pd, M.Si, Ketua GOW Yohana Kusbariah Ontot,
    Para Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

    Penulis : Sukardi




    Like it? Share with your friends!